Aceh Masuk Puncak Musim Hujan, BMKG Imbau Warga Siaga Bencana

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 15:28 WIB
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Banda Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi Aceh saat ini sudah masuk puncak musim penghujan. Warga diimbau untuk siaga bencana.

"Untuk Provinsi Aceh memang sudah harus siaga bencana, baik bencana banjir maupun tanah longsor dan juga pohon tumbang tentunya," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria Ahmad, saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (24/10/2019).

Menurut Zakaria, BMKG Aceh memprediksi keadaan seperti itu berlangsung hingga Januari 2020 mendatang. Kondisi puncak musim hujan ini terjadi di seluruh wilayah Tanah Rencong.


Sementara untuk pelayaran, Zakaria menyebut perlu waspada untuk tiga hari ke depan. Tinggi gelombang di Pesisir Barat-Selatan mencapai 1.25-2.00 meter dan Samudra Hindia Barat Aceh 2-3 meter.

"Pesisir laut Aceh lainnya aman, namun harus waspada ketika tumbuh awan hitam yang disertai guntur," jelas Zakaria.


Seperti diketahui, sejumlah kecamatan di tiga kabupaten di Aceh terendam banjir luapan setelah diguyur hujan lebat. Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) masih mendata jumlah rumah termasuk warga terdampak banjir.

Banjir melanda akibat sungai di wilayah tersebut meluap. Tiga kabupaten yang masih terendam banjir yaitu Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Jaya. Air dibeberapa di wilayah masih merendam rumah warga.




Tonton juga video Kemarau Berlanjut, Hujan Diprediksi Baru Turun Bulan Depan:

[Gambas:Video 20detik]



(agse/aan)