Profil Moeldoko yang Tetap Dipertahankan Jadi Kepala Staf Kepresidenan

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 12:01 WIB
Profil Moeldoko yang Tetap Dipertahankan Jadi Kepala Staf Kepresidenan/Foto: Moeldoko (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan anggota kabinet kerja periode 2019-2024. Jokowi pun kembali mempertahankan Jenderal (purnawirawan) TNI Moeldoko sebagai KSP (Kepala Staf Kepresidenan).

Moeldoko sebelumnya menjadi KSP dari tahun 2018 menggantikan Teten Masduki. Kemudian, ia dipercaya lagi untuk periode 2019-2024. Lantas, seperti apa sosoknya?



Berikut profil Moeldoko yang dirangkum detikcom:

1. Keluarga

Moeldoko menikah dengan Koesni Harningsih pada 1985. Dari pernikahan tersebut, ia dikaruniai dua orang anak bernama Joanina Rachma dan Randy Bimantoro.

2. Masa Kecil

Kehidupan Moeldoko muda penuh dengan tantangan. Bahkan, pria kelahiran tahun 1957 ini pernah bekerja mengangkat batu dan pasir di kali selepas pulang sekolah.

3. Mantan Panglima

Sebelum menjabat sebagai KSP, Moeldoko merupakan anggota TNI Angkatan Darat. Ia pun menghabiskan masa jabatannya di TNI dengan jabatan terakhir sebagai Panglima TNI.

4. Harta Rp 49 M

Kekayaan Moeldoko tercatat di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada Desember 2018 sebanyak Rp 49 miliar. Dari kekayaan tersebut, ternyata ia hanya memiliki satu mobil.

5. Lulusan UI

Moeldoko menempuh pendidikan militer di AKABRI, Magelang pada tahun 1981. Kemudian, ia juga sempat mengambil S-3 Administrasi Negara di Universitas Indonesia (UI).



6. Punya Perusahaan Bus

Selain aktif di pemerintahan, Moeldoko juga merupakan pemilik dari perusahaan bus bernama PT Mobil Anak Bangsa. Produksinya pun baru resmi dijual pada Juli lalu.

7. Jabat KSP

Moeldoko saat ini menjabat sebagai KSP. Tugasnya pun memberikan dukungan untuk program yang diusung Presiden dan Wakil Presiden dalam melaksanakan pengendalian program prioritas.




Pimpin Sidang Kabinet, Jokowi Ingatkan Tak Ada Visi-Misi Menteri:

[Gambas:Video 20detik]



(pay/erd)