detikNews
2019/10/24 05:28:41 WIB

Partai Kecil Koalisi Jokowi Diperkirakan Dapat Jabatan Lapis Kedua

Pasti Liberti Mappapa, Ibad Durohman - detikNews
Halaman 1 dari 4
Partai Kecil Koalisi Jokowi Diperkirakan Dapat Jabatan Lapis Kedua Foto: Para menteri Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan anggota kabinet pemerintahannya bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Rabu (23/10/2019) pagi. Namun Jokowi tak mengakomodasi semua partai politik pendukungnya. Dari sembilan parpol pendukung, mantan Gubernur DKI Jakarta itu hanya mengambil kader dari lima parpol yang punya kursi di parlemen periode 2019-2024.

Ketua DPP Partai Hanura Inas Nasrullah menuturkan muncul suara-suara dari kader di daerah yang mempertanyakan keterwakilan Hanura dalam kabinet. Padahal saat pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin mendaftar sebagai pasangan calon pada 10 Agustus 2018 lalu, sebanyak 16 kursi Hanura di Dewan Perwakilan Rakyat dipakai untuk memenuhi syarat dukungan.



"Kawan-kawan di daerah heran begitu dalam pemilihan menteri, Hanura tidak terpakai. Padahal saat pendaftaran pakai kursi Hanura," ujar Inas. Seperti diketahui, pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum mengatur bahwa parpol atau gabungan parpol harus memiliki 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional pada Pemilu 2014 lalu untuk bisa mengusung pasangan capres dan cawapres.

Inas juga menyebut, Hanura sudah berada di kubu Jokowi bahkan sejak Pilpres 2014 lalu. "Kita juga tahu begitu Hanura memutuskan kembali mendukung Jokowi untuk periode kedua, kader Hanura berjuang mati-matian sosialisasikan visi misi Presiden," ujar Inas.



Namun meski begitu, Inas menyatakan tetap mendukung apapun keputusan Jokowi. "Yang penting buat saya, kabinet sudah terpilih dan terbentuk pemerintahan berjalan dengan baik," katanya. "Sementara Soal sikap Hanura selanjutnya, kita serahkan semuanya pada ketua umum. Saya yakin sudah ada komunikasi."

Partai Kecil Koalisi Jokowi Diperkirakan Dapat Jabatan Lapis KeduaInas Nasrullah Zubir (dok. pribadi)



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com