detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 17:40 WIB

Hakim Tolak Eksepsi Kriss Hatta di Kasus Penganiayaan

Yulida Medistiara - detikNews
Hakim Tolak Eksepsi Kriss Hatta di Kasus Penganiayaan Sidang Kriss Hatta (Yulida/detikcom)
Jakarta - Majelis hakim menolak eksepsi yang diajukan pengacara Krisdian Topo Khuhatta alias Kriss Hatta. Persidangan Kriss Hatta bakal dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi.

"Satu, menolak eksepsi atau keberatan penasihat hukum terdakwa. Dua, memerintahkan penuntut umum melanjutkan pemeriksaan perkara atas nama Krisdian Topo Khuhatta," kata ketua majelis hakim Suswati di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).



Hakim menilai dakwaan Kriss Hatta sudah disusun dengan jelas, cermat, dan lengkap karena sudah menjabarkan waktu tindak pidana. Selain itu, hakim menolak eksepsi pihak Kriss Hatta yang menyebutkan jaksa mengabaikan bukti perdamaian antara terdakwa dan korban. Meski ada perdamaian, hakim menilai tak membuat perbuatan pidana hilang.

"Menimbang bahwa terdakwa telah didakwa oleh jaksa penuntut umum dengan jelas Pasal 351 ayat 1 KUHP dan bukan merupakan delik aduan, maka walaupun telah ada perdamaian pelaku dengan korban dan laporan polisi telah dicabut oleh pelapor, hal tersebut tidak menghentikan proses hukum," ujarnya.



Hakim menyebut sidang selanjutnya akan dilanjutkan pada Selasa (29/10). Sidang selanjutnya berisi agenda pemeriksaan saksi dari pihak jaksa penuntut umum.

Dalam kasus ini, Kriss Hatta didakwa melakukan penganiayaan terhadap Anthony. Kriss diduga memukul wajah Anthony sampai mengalami luka di bagian wajah. Atas perbuatannya, Kriss diancam pidana dengan Pasal 351 ayat 1 KUHP.

"Terdakwa Krisdian Topo Khuhatta alias Kriss Hatta pada Minggu, 7 April 2019, bertempat di Klub Malam Dragon Play, Jakarta Selatan, atau setidak-tidaknya masih dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang berwenang mengadili perkara penganiayaan," kata jaksa penuntut umum Indra Jaya di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Rabu (9/10).


Simak juga video "Enjoy Jalani Sidang, Kriss Hatta Sindir Anthony Nggak Gentleman" :

[Gambas:Video 20detik]


(yld/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com