detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 13:26 WIB

Jenderal di Kabinet Jokowi: Urusi Agama hingga Investasi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jenderal di Kabinet Jokowi: Urusi Agama hingga Investasi Jenderal-jenderal di Kabinet Jokowi (Kanavino/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik menteri-menteri yang akan membantunya di kabinet. Komposisi kabinet baru ini masih diisi oleh beberapa jenderal TNI dan Polri. Para Jenderal ini diberi tugas mengurusi agama hingga investasi.

Perkenalan Kabinet Indonesia Maju berlangsung di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Ditemani oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Jokowi mengumumkan nama-nama menteri sembari duduk lesehan.


Kabinet Indonesia Maju ini terdiri atas 34 menteri. Lengkap dengan Jaksa Agung, Sekretaris Kabinet, Kepala Staf Kepresidenan, dan Kepala BKPM. Seperti halnya Kabinet yang lama, Kabinet Indonesia Maju pun dihiasi oleh beberapa Jendral TNI dan Polri. Berikut ini daftarnya.

1. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan adalah salah satu menteri dari kalangan TNI. Luhut merupakan purnawirawan Jenderal TNI AD.


Luhut adalah wajah lama dalam kabinet Jokowi. Sebelumnya, Luhut pernah menjabat Menko Kemaritiman dan Menko Polhukam. Kini, dia ditunjuk sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi.

2. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Nama selanjutnya adalah Prabowo Subianto. Prabowo merupakan purnawirawan Letnan Jenderal TNI AD. Di TNI AD, Prabowo pernah menjabat Komandan Jendral Kopassus dan Panglima Kostrad.


Setelah berkiprah di TNI, Prabowo terjun ke politik dan menjadi Ketum Partai Gerindra. Prabowo bahkan menjadi rival Jokowi dalam Pilpres 2014 dan Pilpres 2019. Kini Prabowo dipercaya Jokowi untuk menjadi Menteri Pertahanan.

3. Menteri Agama Fachrul Razi

Fachrul Razi adalah menteri yang juga datang dari kalangan TNI AD. Facrul merupakan purnawirawan Jendral TNI AD.

Di TNI AD, Fachrul Razi pernah memegang beberapa jabatan. Dari Gubernur Akademi Militer hingga Wakil Panglima TNI. Dalam Pilpres 2019, Fachrul merupakan Tim Bravo 5, relawan salah satu organisasi relawan pendukung Jokowi, bentukan Luhut Pandjaitan. Kini dia mengemban tugas sebagai Menteri Agama.


4. Menteri Kesehatan Mayjen TNI dr Terawan Agus

Di pos Menteri Kesehatan, ada nama dr Terawan Agus Putranto. Dia merupakan dokter tentara. Sebelumnya, dia menjabat Kepala Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Soebroto.

Terawan pernah sempat populer karena memperkenalkan metode pengobatan cuci otak. Jabatan terakhirnya di TNI adalah Mayor Jendral. Kini, Terawan dipercaya menjadi Menteri kesehatan (Menkes). Ia pun harus mengundurkan diri dari TNI untuk jabatan barunya ini.

5. Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian

Tak hanya dari kalangan TNI, kabinet baru Jokowi juga diisi oleh kalangan Polri. Adalah Tito Karnavian yang ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).


Tito sebelumnya menjabat Kapolri. Namun kini Tito sudah resmi mengundurkan diri dari Polri. Pangkat terakhirnya adalah jenderal polisi.

6. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Selanjutnya ada nama Moeldoko yang kembali menjabat Kepala Staf Kepresidenan. Moeldoko merupakan salah satu orang di kabinet yang berasal dari kalangan TNI AD. Ia merupakan jenderal murni TNI karena mendapatkan empat bintangnya karena menjabat Panglima TNI.

Di TNI AD, Moeldoko juga pernah menjabat KSAD. Pangkat terakhirnya adalah Jenderal TNI.
(elz/fjp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com