detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 12:31 WIB

Nadiem Makarim: Saya Jadi Mendikbud karena Mengerti Masa Depan

Andhika Prasetia, Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Nadiem Makarim: Saya Jadi Mendikbud karena Mengerti Masa Depan Mendikbud Nadiem Makarim (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Mendikbud Nadiem Makarim menyatakan siap mewujudkan visi Presiden Jokowi-Wapres Ma'ruf Amin di bidang pendidikan. Nadiem menekankan basis pendidikan untuk kebutuhan masa depan.

"Alasan kenapa mungkin saya terpilih, satu saya lebih mengerti apa yang akan ada di masa depan kita, itu yang pertama. Dan kebutuhan lingkungan pekerjaan di masa depan sangat berbeda. Itu link and match itu visi Presiden. Saya akan mencoba menyambung apa yang akan dilakukan di institusi pendidikan dan apa yang dibutuhkan di luar institusi pendidikan," kata Nadiem Makarim kepada wartawan di Istana, Rabu (23/10/2019).

Untuk menyiapkan kebutuhan tenaga kerja masa depan, Nadiem menekankan pentingnya pendidikan berbasis teknologi. Dalam proses pencapaian visi ini, Nadiem menyebut pentingnya pendidikan berbasis kompetensi dan karakter.





"Semua itu awalnya dari guru, dari kapabilitas, kesejahteraan guru hal terpenting," katanya.

Presiden Jokowi saat mengenalkan menteri Kabinet Indonesia Maju memberikan pesan khusus kepada Nadiem Makarim. Jokowi meminta Nadiem menyiapkan SDM-SDM yang siap kerja.

"Kita akan membuat terobosan-terobosan yang signifikan dalam pengembangan SDM, yang menyiapkan SDM-SDM yang siap kerja, siap berusaha, yang me-link and match antara pendidikan dan industri nanti di wilayah Mas Nadiem," kata Jokowi.




Media Sosial Heboh Nadiem Makarim Jadi Mendikbud:

[Gambas:Video 20detik]



(fdn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com