detikNews
2019/10/23 11:59:21 WIB

Ini Kandidat Usulan detikers yang Dipilih Jokowi Jadi Menteri

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 5
Ini Kandidat Usulan detikers yang Dipilih Jokowi Jadi Menteri Menteri Kabinet Indonesia Maju (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta - Pembaca detikcom (Detikers) mengusulkan sejumlah nama menteri ke Presiden Jokowi lewat program 'Bantu Jokowi Cari Menteri'. Sejumlah kandidat usulan detikers benar-benar dipilih Jokowi jadi menteri. Siapa saja?

Program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' bertujuan untuk menampung aspirasi para pembaca detikcom (detikers) sejak 12 Agustus 2019. Nama-nama usulan detikers lalu dibahas dalam focus group discussion serta dilempar lagi ke detikers untuk dipilih. Nama-nama menteri incumbent tidak dimasukkan ke polling karena secara otomatis diusulkan ke Jokowi. Hasilnya, ada 6 nama baru ditambah 1 nama inkumben di tiap posisi menteri.



Hari ini, Rabu (23/10/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan menteri-menteri yang akan membantunya di kabinet. Kabinet itu diberi nama Kabinet Indonesia Maju.

Berikut nama kandidat menteri usulan detikers yang juga dipilih Jokowi jadi menteri:

1. Mahfud MD

detikers menempatkan Mahfud MD menjadi kandidat Menko Polhukam, Menkum HAM, dan Jaksa Agung. Jokowi menugaskan Mahfud menjadi Menko Polhukam.

2. Nadiem Makarim

detikers mengusulkan Nadiem Makarim sebagai Menkominfo, Menteri Perindustrian, serta Menteri Koperasi dan UMKM. Di Kabinet Indonesia Maju, Nadiem menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Nadiem Makarim / Nadiem Makarim / Foto: (Andhika Prasetia/detikcom).


3. Wishnutama

Di program 'Bantu Jokowi Cari Menteri', Wishnutama dijagokan jadi Menteri Pariwisata dan Menkominfo. Jokowi menempatkan Wishnutama di posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com