detikNews
Rabu 23 Oktober 2019, 11:46 WIB

Komjen Idham Azis Calon Kapolri, Surat Presiden Sudah Diterima DPR

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Komjen Idham Azis Calon Kapolri, Surat Presiden Sudah Diterima DPR Ilustrasi Komjen Idham Azis (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta - Tito Karnavian telah mengundurkan diri dari posisi Kapolri karena dilantik sebagai Menteri Dalam Negeri. Surat Presiden yang berisi pengajuan Kapolri baru sudah diterima DPR pagi ini.

"Sudah masuk, sudah masuk (surpresnya). Dan tinggal nunggu fit and proper test. Iya bener, Pak Idham Azis (calon Kapolri)," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).


Uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan setelah anggota-anggota di Komisi III ditetapkan. Rencananya, Kabareskrim itu menjalani fit and proper test pekan depan.

"Ya nunggu Komisi III disepakati dulu. Kan Komisi III baru minggu depan, setelah itu ya langsung kita adakan fit and proper test. Kan Komisi III-nya belum dilantik," ujar Dasco.

"Pertama sudah dimasukkan oleh fraksi-fraksi, tinggal sekarang penetapan Komisi III-nya. Akan ditetapkan oleh Wakil Ketua DPR bidang Polhukam, Aziz Syamsuddin," imbuhnya.


Sementara itu, sebelum Idham Aziz menjalani fit and proper test, pelaksana tugas (Plt) Kapolri tetap dijabat oleh Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto.

"Masih Plt-nya Pak Ari Dono," jelas Dasco.




Perkenalkan, Wajah Menteri Kabinet Indonesia Maju:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/tor)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com