Terjebak Kebakaran di Gunung Argopuro, 6 Tim Penanganan Karhutla Diselamatkan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Okt 2019 01:20 WIB
Ilustrasi kebakaran (Foto: Thinkstock)
Jember - Tim penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) BPBD Jember, Jawa Timur terjebak kebakaran di Gunung Argopuro. Keenamnya, kini telah diselamatkan oleh BPBD Jember.

"Kami menerima laporan dari saudara Rezha yang merupakan tim penanganan karhutla Gunung Argopuro yang meminta penjemputan timnya melalui radio karena terjebak asap karhutla pada Selasa pukul 10.00 WIB di ketinggian 1.919 meter di atas permukaan laut (mdpl)," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo di Jember, dikutip dari Antara, Selasa (22/10/2019).



Gunung Argopuro ini berada di beberapa wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo. Heru mengatakan 6 orang dalam tim yang terjebak di antaranya Rezha, Juan, Farid, A. Gayug, Irfan, dan Bagus.

Mereka terjebak karena banyaknya titik api yang berada di sekitar lokasi dan sulitnya mencari jalur alternatif. Saat dievakuasi, empat orang mengalami dehidrasi berat dan dua orang masih dalam kondisi sehat.

"Untuk itu, kami segera menyiapkan kebutuhan logistik dan peralatan dengan memberangkatkan tim yang dipimpin Pak Asrah untuk mengevakuasi enam petugas yang terjebak karhutla di lereng Gunung Argopuro tersebut," tuturnya.