detikNews
Selasa 22 Oktober 2019, 20:12 WIB

Hutan Pinus di Mamasa Kembali Terbakar, Area Pekuburan Nyaris Tersambar

Abdy Febriady - detikNews
Hutan Pinus di Mamasa Kembali Terbakar, Area Pekuburan Nyaris Tersambar Hutan pinus di Mamasa terbakar, area pekuburan hampir terdampak. (Abdy Febriady/detikcom)
Mamasa - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi lagi di Kelurahan Tawalian, Kecamatan Tawalian, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Api cepat menjalar dan membakar puluhan hektare area hutan pinus.

Kebakaran terjadi pada Selasa (22/10/19) siang. Berbekal alat seadanya, warga bersama pemerintah setempat dan kepolisian berusaha memadamkan api agar tak meluas. Hutan pinus yang terbakar ini juga berdekatan dengan permukiman warga dan area pekuburan.

Warga setempat cemas karena embusan angin juga kencang. Kondisi ini juga mempersulit upaya pemadaman api.

Warga sempat khawatir areal pekuburan terbakar karena api sudah mendekatWarga khawatir area pekuburan terbakar karena api sudah mendekat (Abdy Febriady/detikcom)


Dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api, namun tidak dapat menjangkau lokasi kebakaran karena terkendala akses jalan yang tidak dapat dilalui kendaraan. Kebakaran berhasil dipadamkan setelah beberapa jam warga berjibaku dengan kobaran api.

"Kalau kita perkirakan karena dua lokasi terjadinya kebakaran, belum bisa kita ukur, apalagi api sementara berkobar, mudah-mudah bisa segera dipadamkan. Yang paling miris karena kompleks pemakaman sudah terancam," kata Camat Tawalian, Zeth, saat ditemui di lokasi.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. Diduga kebakaran disebabkan pembukaan lahan oleh warga yang dilakukan dengan cara membakar lahan.


Simak juga video "Ribuan Titik Panas Terdeteksi di Sumatera dan Kalimantan" :

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com