detikNews
Selasa 22 Oktober 2019, 17:43 WIB

Profil Abdul Halim Iskandar, Kakak Cak Imin Calon Menteri Kabinet Jokowi

Puti Yasmin - detikNews
Profil Abdul Halim Iskandar, Kakak Cak Imin Calon Menteri Kabinet Jokowi Abdul Halim Iskandar, kakak Cak Imin (Andhika/detikcom)
Jakarta - Abdul Halim Iskandar siang ini dipanggil ke Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, Jokowi tahu persis kursi yang tepat untuknya dalam Kabinet Kerja jilid II.

Dalam pertemuan tersebut, ada banyak hal yang dibicarakan oleh kakak kandung Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ini bersama Jokowi. Mulai pembangunan masyarakat di sektor ekonomi hingga sosial.



Berikut profil Abdul Halim Iskandar yang dirangkum detikcom:

1. Politikus PKB

Abdul Halim Iskandar merupakan politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia memulai karier politiknya sejak 1999 sebagai Ketua DPC PKB Jombang, kemudian saat ini menjadi Ketua DPW PKB Jatim.

2. Keluarga

Pria kelahiran 1962 ini besar dari keluarga religius, kakeknya merupakan pendiri NU, Bisri Syamsuri. Abdul Halim Iskandar juga telah menikah dengan perempuan bernama Lilik Umi Nashiah.

3. Anggota DPRD Jatim

Abdul Halim Iskandar merupakan anggota di DPRD Jatim dari Dapil VIII. Ia dipercaya sebagai Ketua DPRD Jatim periode 2014-2019.



4. Dosen

Selain berpolitik, Abdul Halim Iskandar dikenal sebagai pengajar. Ia pernah menjadi guru BP di MAN Manbaul Maarif Denanyar, Jombang, Kepala SMK Sultan Agung Tebuireng, serta dosen di Institut Keislaman Hasyim Asy'ari.

5. Gabung Kabinet

Abdul Halim Iskandar menerima panggilan dari Jokowi untuk membantu di Kabinet Kerja periode 2019-2024. Hanya, ia belum membuka jabatan apa yang akan disandangnya.


Simak juga video "Jadi Calon Menteri, Kakak Cak Imin Ini Pernah Dipanggil KPK" :

[Gambas:Video 20detik]


(pay/erd)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com