Sineenat Wongvajirapakdi, Selir Raja Thailand yang Gelarnya Dicopot

Lusiana Mustinda - detikNews
Selasa, 22 Okt 2019 17:20 WIB
Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: Reuters
Jakarta - Sineenat Wongvajirapakdi, selir Raja Thailand Maha Vajiralongkorn telah dicopot gelarnya. Kabarnya ia disebut ingin seperti permaisuri. Lalu siapa Sineenat?

Sineenat Wongvajirapakdi menerima gelar selir bangsawan oleh Kerajaan Thailand pada Juli lalu. Dan di bulan Agustus pihak istana pun merilis foto-foto Sineenat lengkap dengan biografinya di situs kerajaan.
Pengangkatan perempuan berusia 34 tahun ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah kerajaan sejak akhir monarki absolut Thailand pada tahun 1932.

Sayangnya, hanya tiga bulan dia merasakan sebagai selir kehormatan Raja Thailand. Sineenat Wongvajirapakdi terpaksa harus kehilangan semuanya setelah sang raja menghapus gelar kehormatannya.

Berikut ini tentang sosok Sineenat Wongvajirapakdi yang dirangkum detikNews:

1. Nama Asli

Sebelum diangkat sebagai selir kehormatan raja, Sineenat Wongvajirapakdi memiliki nama asli Niramon Ounprom. Ia memiliki gelar mayor jenderal yang juga sebagai mantan perawat kerajaan dan pengawal.

Dikenal dengan panggilan Koi, Sineenat dianugerahi gelar Chao Khun Phra saat ulang tahun Raja Vajiralongkorn yang ke-67 pada 28 Juli lalu.

2. Pilot Handal

Sineenat dikenal berpangkat mayor jenderal dan pernah menjalani pelatihan sebagai penerbang. Ia adalah pemegang gelar resmi selir kerajaan yang pertama dalam kurun hampir 100 tahun di Thailand. Wanita cantik ini menghabiskan sebagian besar hidupnya di Jerman.
Sineenat Wongvajirapakdi dan Raja Thailand. Sineenat Wongvajirapakdi dan Raja Thailand. Foto: Reuters
3. Pendidikan

Sinnenat menyelesaikan sekolah dasar di Rajapiyorasa Yupparachanusorn Schol dan pendidikan menengah di Sekolah Thawangphapittayakhom di Provinsi Nan. Ia memperoleh gelar sarjana di bidang Keperawatan di Royal Army Nursing College pada tahun 2008.

4. Karier
Setelah lulus dari sekolah perawat, Sineenat bekerja sebagai perawat di Ananda Mahidol Hospital. Dan pada 30 Agustus 2019, Sineenat diangkat sebagai wakil penasihat inisiatif reformasi penjara, "Sharing Happiness And Doing Good With Heart With the Department of Corrections."

5. Dianggap Tak Setia pada Raja Thailand

Laman mengenai biografi Sineenat sudah dihapus Senin lalu. Penyataan pihak kerajaan menggambarkan secara jelas perilaku Sineenat yang menyebut bahwa ia telah menentang penunjukkan Ratu Suthida, istri keempat Raja Vajiralongkorn lantaran Sineenat Wongvajirapakdi berharap ia dapat menduduki posisi tersebut.
(lus/erd)