detikNews
Selasa 22 Oktober 2019, 16:34 WIB

Kecurigaan Polisi Berujung Bongkar Makam Mahasiswa yang Tewas saat Diksar

Raja Adil Siregar - detikNews
Kecurigaan Polisi Berujung Bongkar Makam Mahasiswa yang Tewas saat Diksar Foto: Polres Ogan Ilir di Sumatera Selatan membongkar makam Muhamad Akbar yang tewas saat pendidikan dasar Resimen Mahasiswa (menwa). (Raja Adil Siregar-detikcom)
Palembang - Polisi membongkar makam Akbar yang tewas ketika ikut Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa. Makam itu dibongkar karena polisi menduga korban tewas akibat kekerasan.

"Kami sejak awal dibawa ke rumah sakit Bhayangkara ini sudah ingin melakukan pemeriksaan dalam untuk kepentingan penyidikan. Untuk mengetahui penyebab kematian korban," terang Kasat Reskrim Polres Ogan Ilir, AKP Malik saat ditemui di TPU Borang, Selasa (22/10/2019).


Pemeriksaan dalam, kata Malik, diminta dilakukan karena sejak awal dirinya telah menduga Akbar tewas akibat kekerasan. Bahkan dugaan itu semakin kuat setelah forensik menyebut ada luka di organ vital korban akibat benda tumpul.

"Sejak awal kami sudah minta, keluarga menolak karena dalam kondisi duka ya. Tapi dari awal kita sudah menduga, kuat dugaan bahwa peristiwa meninggalnya ini karena tindak pidana," imbuh Malik.


Atas peristiwa itu, malik mengaku sudah memeriksa 19 saksi. Seluruh saksi yang diperiksa berasal dari 2 kampus berbeda yakni Universitas Taman Siswa (Unitas) dan Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

"Saksi diperiksa ada 19 orang, 17 dari mahasiswa UMP dan dua dari Unitas. Kami sekarang masih mengumpulkan dan mencari alat bukti. Termasuk dari bongkar makam ini," katanya.

Informasi dihimpun, mahasiswa berusia 19 tahun itu tewas saat Diksar Menwa di Desa Tanjung Senai, Ogan Ilir pada Rabu (16/10) sekitar pukul 15.25 WIB. Korban tiba-tiba kejang dan dilarikan ke rumah sakit sebelum akhirnya tewas.


Simak juga video "KontraS Menilai Jokowi Gagal Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM Berat" :

[Gambas:Video 20detik]


(ras/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com