detikNews
2019/10/22 13:50:22 WIB

8 Aplikator yang Digandeng Anies untuk Mudahkan Warga Urus Kesehatan-Pendidikan

Dwi Andayani - detikNews
Halaman 1 dari 1
8 Aplikator yang Digandeng Anies untuk Mudahkan Warga Urus Kesehatan-Pendidikan Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dwi-detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta melakukan kerja sama dengan delapan perusahaan aplikasi untuk memberikan pelayanan masyarakat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kerja sama ini untuk mempermudah kebutuhan masyarakat.

"Tujuannya adalah kita ingin membuat agar pelayanan dari pemprov kepada warga itu bisa lebih efisien, tujuannya agar warga bisa lebih dimudahkan dalam segala aspek dari aspek," ujar Anies di gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Selatan, Selasa (22/10/2019).

Anies menyampaikan itu usai melakukan pertemuan dengan startup dalam acara The Sanbox. Startup yang digandeng Pemprov DKI itu yakni Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Grab, Gojek, DuitHape, Nodeflux, dan Botika.


Anies menyebutkan kerja sama akan dilakukan di beberapa aspek. Di antaranya aspek perizinan, pendidikan, hingga kesehatan.

"Aspek misalnya situasi kegentingan sampai urusan pendidikan, kesehatan, perizinan, dan lain-lain. Jadi nantinya, kita bisa kolaborasi antara pemprov dengan startup-startup ini," tuturnya.

Anies mencontohkan kerja sama dalam mendeteksi pelat nomor kendaraan dan mengetahui apakah pengendara tersebut telah membayar pajak. Contoh lain, yaitu terkait masyarakat Jakarta yang memerlukan fasilitas rumah sakit.

"Misalnya, ada perusahaan A dia bantu DPRD jadi punya kemampuan deteksi pelat nomor, info mana kendaraan yang udah bayar pajak, di tempat parkir atau di jalan raya," kata Anies.

"Kemudian juga ada yang terkait dengan rumah sakit, informasi tentang fasilitas rumah sakit se-Jakarta, di mana yang masih ada kamar kosong, di mana yang penuh tapi dalam satu sistem informasi. Sehingga ketika ada orang yang membutuhkan kegentingan itu dibawa ke tempat yang juga sesuai," sambungnya.


Anies mengatakan kerja sama ini telah dilakukan sejak bulan lalu. Namun, dia mengatakan masih terdapat diskusi yang harus dilakukan untuk menjalankan kolaborasi ini.

"Mudah-mudahan nanti sesudah ini akan diskusinya perbidang, lalu kita nanti punya solusi," tuturnya.




Tonton juga video Anies Imbau Pengguna Sepeda Pakai Google Maps:

[Gambas:Video 20detik]




(dwia/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com