Cerita Korban Kebakaran Jatinegara soal Alquran Tak Terbakar di Rumahnya

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Selasa, 22 Okt 2019 11:45 WIB
Foto: Kondisi salah satu rumah korban kebakaran di Jatinegara (Jefrie Nandy/detikcom)
Jakarta - Saadah menjadi salah satu korban kebakaran di Jatinegara. Rumah dan benda-benda di dalam kediaman Saadah hangus terbakar kecuali sejumlah Alquran dan beberapa buku.

Awalnya, Saadah menceritakan tentang detik-detik kebakaran melanda rumahnya. Dia menyebut api muncul dari sebelah rumahnya kemudian merambat ke dapurnya hingga membuat kompornya meledak.

"Awalnya dari sebelah, RT 9 juga masih. Tahu-tahu api gede banget dari atas situ. Itu ga ada yang tahu, ga ada orang teriak-teriak. Ketahuannya pas orang lewat jatuhan api sama kayu-kayu. Pas liat langsung tahu. Udah gitu jatuhan ke rumah saya juga. Jatuhnya langsung ke kompor di dapur. Langsung meledak. Udah nggak bisa ketolong lagi udah gede (apinya)," kata Saadah di rumahnya yang terbakar, Jalan Setia RT 9 RW 2 No. 11, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (22/10/2019).

Cerita Korban Kebakaran Jatinegara soal Alquran Tak Terbakar di RumahnyaFoto: Kondisi salah satu rumah korban kebakaran di Jatinegara (Jefrie Nandy/detikcom)

Saadah mengatakan kebakaran itu terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. Saat itu, dia mengatakan orang-orang di rumahnya langsung melarikan diri tanpa membawa apapun.

"Cuma ada nenek-nenek (orang tua Saadah), sama ponakan, sama cucu-cucunya doang udah. Orang tua saya sibuk sama anak kecil itu jadi nggak mikirin harta mau dibawa gimana-gimana," ujarnya.

Saadah kemudian menunjukkan kondisi di rumahnya dan barang-barang di dalamnya yang hangus. Namun, ada satu rak buku yang terlihat masih utuh.