detikNews
2019/10/21 20:32:58 WIB

Round-Up

Beda Cerita Mahfud Md Dulu dan Kini

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Beda Cerita Mahfud Md Dulu dan Kini Mahfud Md tiba di Istana pada bulan Oktober 2019 jelang pengumuman kabinet (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Menjelang magrib pada awal bulan Agustus 2018, seorang Mahfud Md menanti keputusan besar. Dalam hitungan menit setelahnya apa yang dinanti Mahfud berbanding terbalik.

Jokowi memilih Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya menghadapi Pemilu 2019. Padahal saat itu santer terdengar kabar bila Mahfud yang seharusnya berdiri di samping Jokowi.

Ada apa?

Beda Cerita Mahfud MD Dulu dan KiniMahfud Md bersama politikus PSI Guntur Romli menjelang pengumuman cawapres Jokowi pada Agustus 2018 (Foto: Twitter Guntur Romli)


Padahal malam sebelumnya Mahfud mengaku sudah menyerahkan curriculum vitae sebagai calon wakil presiden. Pun Mahfud saat itu sudah bersiap mengenakan kemeja putih yang menjadi salah satu ciri khas Jokowi dan orang-orang di sekitar lingkaran dalamnya.

Namun pada akhirnya pilihan Jokowi jatuh pada Ma'ruf. "Saya putuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari parpol Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres 2019-2024 Profesor Ma'ruf Amin," kata Jokowi saat mengumumkan hal itu di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Beberapa hari setelahnya Mahfud buka-bukaan dalam program Indonesia Lawyers Club (ILC) di tvOne. Seperti apa ceritanya?

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com