detikNews
2019/10/21 16:50:59 WIB

Jokowi Panggil Prabowo di Pengenalan Menteri, KontraS Ungkit Kasus Orang Hilang

Matius Alfons - detikNews
Halaman 1 dari 3
Jokowi Panggil Prabowo di Pengenalan Menteri, KontraS Ungkit Kasus Orang Hilang Deputi Koordinator KontraS, Ferry Kusuma (Alfons/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di momen perkenalan calon menteri. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengingatkan Jokowi soal dugaan kasus penghilangan orang.

"Saya kira hampir mayoritas rakyat Indonesia yang memahami persoalan bangsa kita itu keberatan dengan figur-figur yang pernah terlibat dalam kejahatan hak asasi manusia, atau bagian dari oligarki masa lalu menduduki kabinet dalam pemerintahan Jokowi," kata Deputi Koordinator KontraS Ferry Kusuma saat ditanya soal kemungkinan Prabowo menjadi menteri di kantor KontraS, Senen, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).


Ferry mengatakan Jokowi seharusnya tidak memasukkan nama-nama yang diduga terlibat kasus pelanggaran HAM untuk menduduki jabatan strategis. Dia juga menyinggung dugaan keterlibatan Prabowo dalam kasus HAM masa lalu.

"Jadi harus bersih, Pak Jokowi harus benar-benar memperhitungkan persoalan ini, tidak menempatkan orang-orang seperti Pak Wiranto dalam kabinetnya. Termasuk Pak Prabowo, Prabowo dia bertanggung jawab terhadap kasus penghilangan orang secara paksa," ucap Ferry.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com