Komnas HAM Singgung Isu Papua Tak Diangkat di Pidato Perdana Jokowi

Komnas HAM Singgung Isu Papua Tak Diangkat di Pidato Perdana Jokowi

Eva Safitri - detikNews
Senin, 21 Okt 2019 08:41 WIB
Foto: Rifkianto Nugroho
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato perdananya sebagai Presiden 2019-2024. Isi pidatonya dikritik, salah satunya terkait tak adanya isu Papua yang diangkat dalam pidato tersebut.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik awalnya menyoroti tak adanya isu penegakan HAM yang diangkat dalam pidato perdana Jokowi. Menurutnya, hal ini disayangkan karena Indonesia baru saja menjadi anggota Dewan HAM PBB.

"Ya pasti sangat menyayangkan. Kita baru saja berjuang untuk menjadi anggota Dewan HAM PBB, tapi begitu terpilih malah Presiden tidak serius menempatkan isu HAM sebagai isu strategis nasional. Kan ini kontradiktif," ujar Taufan kepada wartawan, Senin (21/10/2019).


Taufan menilai kebijakan Jokowi terkait penegakan HAM tak konsisten di periode kedua ini. Padahal, pada periode pertama Jokowi menjadi presiden isu HAM menjadi salah satu yang masuk dalam Nawacita.

"Kebijakan program periode kepimpinan kedua ini tidak konsisten dengan kebijakan di periode kepemimpinan pertama yg menempatkan penegakan HAM sebagai salah satu kebijakan Nawacita. Tentu keluarga korban pelanggaran HAM yang berat, para pegiat HAM serta Komnas HAM isu ini tetap menjadi salah satu prioritas," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2