detikNews
2019/10/21 05:20:38 WIB

Bocoran Terpanas Kursi Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 2
Bocoran Terpanas Kursi Menteri Kabinet Jokowi-Maruf Foto: Pelantikan Jokowi-Ma'ruf (Dok. BPMI)

Mereka yang disebut-sebut bakal menjadi menteri dari Golkar antara lain Ketua Umum Airlangga Hartarto, eks Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita serta eks Pimpinan Komisi II DPR Zainudin Amali. Satu lagi disebut-sebut masih belum ditentukan.

Berikutnya NasDem yang punya 59 kursi dikabarkan bakal mendapat tiga kursi menteri. Nama-nama seperti Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo diisukan menjadi pilihan Jokowi. Viktor digadang-gadang menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).
Partai PPP juga disebut bakal mendapat jatah. Ada dua kursi menteri atau satu kursi menteri dan satu kursi wakil menteri yang dikabarkan bakal diduduki kader PPP. Nama Plt Ketum Suharso Monoarfa, Arsul Sani dan Zainut Tauhid digadang-gadang masuk kabinet.

Tak cuma partai pengusung yang dapat jatah. Partai Gerindra yang semasa Pilpres 2019 mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga diajak bergabung.

Ada dua kursi menteri yang kabarnya bakal diisi kader Gerindra, yakni Menteri Pertahanan dan Menteri Pertanian. Dua nama yang disebut-sebut masuk kabinet Jokowi adalah Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo.

Meski demikian, pengumuman nama menteri-menteri ini merupakan hak prerogatif presiden.
(haf/tor)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com