detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 04:48 WIB

Sedekah Pagi dengan Sholat Dhuha

Lusiana Mustinda - detikNews
Sedekah Pagi dengan Sholat Dhuha sholat dhuha dan sedekah. Foto: detik
Jakarta - Sholat sunnah yang dilakukan saat matahari mulai naik ini ternyata akan mendatangkan banyak pahala. Selain itu, sholat dhuha juga bisa jadi nilai sedekah. Benarkah?

Sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunah yang dilakukan saat matahari mulai naik hingga sekitar jam 11. Membaca doa setelah sholat juga disunahkan menjadi pelengkap ibadah.


Sholat dhuha biasanya dilakukan sebanyak 2 rakaat, namun ada juga yang melakukannya hingga 12 rakaat. Cara melakukan sholat dhuha sama sebenarnya dengan shalat sunah pada umumnya. Perbedaanya terletak pada pembacaan niat, doa dan waktunya.

Dikutip dalam buku 'Berkah Shalat Dhuha' oleh M. Khalliurahman Al Mahfani, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan semua itu dapat disepadankan dengan mengerjakan sholat dhuha dua rakaat." (HR. Muslim dari Abu Dzar).

Dan lebih jelasnya, Rasulullah SAW pernah menjelaskan dalam hadist berikut:

"Dalam diri manusia terdapat tiga ratus enam puluh ruas tulang, hendaklah ia mengeluarkan satu sedekah untuk setiap ruas itu. Para sahabat bertanya, 'Siapa yang mampu mengerjakan hal tersebut wahai Nabi ya Allah?" Nabi berkata, 'Dahak di masjid yang engkau pendam, suatu aral yang engkau singkirkan di jalan. Jika kamu tidak mendapatkan sesuatu yang sepadan, maka cukuplah bagimu sholat dhuha dua rakaat." (HR. Abu Daud dan Ahmad dari Abu Buraidah).

Orang yang rajin melaksanakan sholat dhuha karena Allah juga akan diberikan kelapangan rezeki. Rasulullah SAW menjelaskan dalam hadist Qudsi dari Abu Darda bahwa Allah berfirman:

"Wahai anak Adam, rukuklah (shalatlah) karena Aku pada awal siang (sholat dhuha) empat rakaat, maka aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari." (HR. Tirmidzi).




(lus/erd)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com