Pidato Perdana, Jokowi Ibaratkan Program Pemerintah Bagai Pesan WA

Tsarina Maharani - detikNews
Minggu, 20 Okt 2019 16:32 WIB
Jokowi (Foto: dok. screenshot TV Parlemen)
Jakarta - Dalam pidato perdananya selaku Presiden RI periode 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) mengibaratkan program pemerintah sama dengan pesan WhatsApp (WA). Menurut Jokowi, cara mengecek apakah program pemerintah sudah dirasakan oleh rakyat sama dengan pesan WA.

"Cara mengeceknya (program dirasakan oleh rakyat) itu mudah. Lihat saja ketika kita mengirim pesan melalui SMS atau WA. Ada sent, artinya telah terkirim. Ada delivered, artinya telah diterima," kata Jokowi dalam sidang paripurna di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).



Jokowi mengaku sering mendapat laporan bahwa program pemerintah sudah berjalan. Namun, setelah ditanyakan ke rakyat, program tersebut tak dirasakan manfaatnya oleh mereka.

"Sering kali birokrasi melaporkan bahwa program sudah dijalankan, anggaran telah dibelanjakan, dan laporan akuntabilitas telah selesai. Kalau ditanya, jawabnya, 'program sudah terlaksana, Pak'," ungkap Jokowi.

"Tetapi, setelah dicek di lapangan, setelah saya tanya ke rakyat, ternyata masyarakat belum menerima manfaat. Ternyata rakyat belum merasakan hasilnya," imbuhnya.



Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan tugas pemerintah bukan hanya menjalankan program. Dia mengatakan pemerintah harus bisa memastikan program-program yang berjalan dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

"Tugas kita itu menjamin delivered, bukan hanya menjamin sent. Saya tidak mau birokrasi pekerjaannya hanya sending-sending saja. Saya minta dan akan saya paksa bahwa tugas birokrasi adalah making delivered. Tugas birokrasi itu menjamin agar manfaat program dirasakan oleh masyarakat," tegas Jokowi. (zak/tor)