detikNews
Minggu 20 Oktober 2019, 14:12 WIB

Zulkifli Hasan Bicarakan Sikap Politik PAN ke Amien Rais, Apa Hasilnya?

Tsarina Maharani - detikNews
Zulkifli Hasan Bicarakan Sikap Politik PAN ke Amien Rais, Apa Hasilnya? Jokowi dan Zulkifli Hasan (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan telah menggelar rapat pleno untuk menentukan sikap politik di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) periode kedua. Ia mengatakan sikap politik PAN sepenuhnya menjadi keputusan dirinya sebagai pimpinan partai dan didiskusikan dengan Dewan Kehormatan, yang diketuai Amien Rais.

"Kami rapat pleno kemarin, rapat koordinasi dihadiri 30 lebih wilayah memberikan mandat Ketua Umum penuh untuk mengambil keputusan strategis dengan nanti tentu saya berkonsultasi dengan Dewan Kehormatan," kata Zulkifli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).


Zulkifli menegaskan sudah membahas sikap politik partai dengan Amien Rais selaku Ketua Dewan Kehormatan PAN.

"Sudah, sudah (koordinasi dengan Amien)," kata dia.

Lalu, apa kata Amien Rais?

"Ya itu untuk saya, bukan untuk kalian. Pokoknya untuk saya saja," kata Zulkifli Hasan.


Sementara itu, sebelumnya Waketum PAN Mulfachri Harahap menyatakan PAN hingga saat ini masih tetap berada di luar pemerintah. Menurut Mulfachri, keputusan strategis untuk memilih berada di dalam atau di luar pemerintah perlu melalui mekanisme rakernas di lingkup internal partai.

Menurut Mulfachri, koalisi pendukung pemerintah saat ini sudah cukup 'sesak'. Ia mengaku tak ingin menambah beban Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika partainya masuk pemerintahan.

"Lagi pula kalau kita lihat realitas yang ada sekarang, koalisi pemerintah dalam pandangan saya pribadi ya sudah sesak juga ya. Kami tidak mau menambah beban Presiden dengan misalnya membangun wacana untuk ikut di dalam (pemerintahan) dan seterusnya. Saya meyakini bahwa sungguh tidak mudah buat Presiden untuk menentukan siapa yang akan ditetapkan sebagai pembantu Presiden untuk periode kedua ini," ujar Mulfachri di gedung DPR, Jumat (18/10).
(tsa/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com