detikNews
2019/10/18 22:45:46 WIB

UU Baru Resmi Berlaku, KPK: Kami Belum Dapat Dokumen Resmi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
UU Baru Resmi Berlaku, KPK: Kami Belum Dapat Dokumen Resmi Gedung Baru KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - UU KPK baru yang telah disahkan DPR resmi berlaku. Namun Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan pihaknya belum menerima dokumen resmi UU tersebut.

"Tapi yang jadi persoalan adalah sampai dengan hari ini kami belum mendapatkan dokumen undang-undang secara resmi," kata Febri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2019).



Karena itu, Febri mengatakan KPK hingga kini belum mengetahui secara persis isi detail UU tersebut. Padahal Febri menyebut KPK sudah melakukan koordinasi informal dengan Kementerian Hukum dan HAM terkait berlakunya UU KPK itu.

"Jadi terkait dengan perubahan Undang-Undang KPK itu dari koordinasi informal yang kami lakukan kemarin. Sudah ada nomor dan sudah diundangkan. Itu koordinasi informal yang kami lakukan dengan pihak Kementerian Hukum dan HAM. Dan berlakunya itu sejak tanggal 17 Oktober 2019, artinya per kemarin sebenarnya sudah berlaku sejak tanggal diundangkan," ucapnya.



Febri mengatakan KPK sebagai penegak hukum dalam melaksanakan tugas harus menggunakan landasan dasar yang jelas dan undang-undang yang resmi. Untuk itu, Febri berharap UU KPK yang baru segera dipublikasikan.

"KPK juga berharap agar undang-undang yang resmi dan nomor 19 tahun 2019 tersebut segera dipublikasikan sehingga bisa menjadi pedoman bagi semua pihak, khususnya KPK, dalam pelaksanaan tugas," ucapnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com