detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 18:17 WIB

ASN Sumut Wajib Izin Gubernur sebelum Diperiksa, Polda Tak Terpengaruh

Ferdinan - detikNews
ASN Sumut Wajib Izin Gubernur sebelum Diperiksa, Polda Tak Terpengaruh Foto: Gedung Pemprov Sumatera Utara (Dok Humas Pemprov Sumut)
Jakarta - ASN Sumut diwajibkan izin ke gubernur Sumut sebelum diperiksa Kepolisian, Kejaksaan dan KPK. Polda Sumut menegaskan tak terpengaruh surat edaran Pemprov Sumut soal aturan main dalam kasus pengaduan masyarakat yang ditangani penegak hukum.

"Negara kita negara hukum, kita taat pada peraturan hukum. Apabila ada proses hukum yang harus dilakukan kepada ASN tersebut maka tetap kita lakukan pemanggilan. Pemanggilan pertama tidak hadir maka akan terbit surat panggilan kedua, dan apabila tidak hadir juga maka dilakukan surat perintah membawa," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja, Jumat (18/10/2019).

ASN Sumut wajib meminta izin kepada Gubernur Sumut apabila mendapatkan panggilan dari aparat penegak hukum, termasuk KPK. Hal itu diatur dalam Surat Edaran (SE) di lingkungan Pemprov Sumut bernomor 180/8883/2019.





SE itu mengatur agar semua ASN melapor ke Gubernur Sumut dan Kepala Biro Hukum Pemprov Sumut apabila mendapatkan surat panggilan dari aparat penegak hukum. Para ASN itu juga tidak diperkenankan bila memenuhi panggilan itu bila tidak mendapatkan izin dari Gubernur Sumut. Apabila melanggar, para ASN itu akan dikenai sanksi.

Sementara itu, Pemprov Sumut menegaskan tidak ada maksud menghalangi penegakan hukum.

"Tidak benar Pemprov Sumut menghambat dan atau menghalangi proses lidik atau sidik aparatur penegak hukum. Kita justru mendukung setiap upaya penegakan hukum di daerah ini," ujar Kepala Biro (Karo) Hukum Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sumut Andy Faisal kepada wartawan di kantor Gubsu, Jl Diponegoro, Medan, Jumat (18/10).




Simak juga video "KPK Geledah Kantor Wali Kota Medan" :

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com