detikNews
2019/10/18 17:42:36 WIB

Komnas HAM Pastikan Korban Rusuh Wamena Tak Hanya Warga Pendatang

Rolando - detikNews
Halaman 1 dari 2
Komnas HAM Pastikan Korban Rusuh Wamena Tak Hanya Warga Pendatang Jumpa pers Komnas HAM soal kerusuhan di Wamena (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Komnas HAM melakukan investigasi terkait kerusuhan berdarah di Wamena. Dari investigasi tersebut, Komnas HAM memastikan korban tewas tidak hanya warga pendatang.

"Di sini berkembang informasi misalnya ini yang dibantai orang luar, tidak, kami punya data-datanya, meskipun kami tidak mau publikasikan nama-nama dan latar belakang etnis," kata Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, di kantornya, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).



Taufan mengatakan warga asli Papua juga ada yang menjadi korban. Namun dia enggan mengungkap data rinci warga yang tewas, karena khawatir menimbulkan konflik SARA.

"Karena kami khawatir itu akan semakin memicu konflik yang berbau SARA, padahal ini sama sekali tidak ada hubungan dengan SARA, karena ada korban juga dari berbagai suku-suku yang ada. Mau dibilang pendatang atau orang asli, sama-sama ada korban," ujar Taufan.

"Bahkan terakhir kami mendapatkan informasi lagi yang cukup kredibel tapi harus kami konfirmasi ulang lagi, kami cross check, kami sampaikan juga kepada kepolisian untuk meng-cross check. Yaitu ada 10 orang lagi di luar 33 itu. Tapi ini tidak serta dibawa ke rumah sakit, mereka langsung dibawa ke kampung halamannya, di kampung halamannya dibumikan cara mereka,"sambung dia.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com