Viral 'Ritual' Kerahkan Jin Amankan Pelantikan Jokowi, MPR Tak Terganggu

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 18 Okt 2019 17:34 WIB
Foto: Ki Sabdo ritual amankan pelantikan Jokowi (Dok screenshot video yang viral).
Foto: Ki Sabdo ritual amankan pelantikan Jokowi (Dok screenshot video yang viral).
Jakarta - Video yang menunjukkan seorang pria mengaku bernama Ki Sabdo tengah melakukan ritual untuk pengamanan pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gedung Nusantara V DPR RI ramai dibahas. Sekretariat Jenderal MPR menegaskan hal itu bukanlah bagian dari perencanaan acara pelantikan.

"Dari Setjen tidak ada yang seperti itu, apalagi dalam perencanaan. Nggak ada, nggak ada di rundown kita. Perencanaannya nggak itu ya," kata Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019).


Ma'ruf mengaku baru melihat video 'ritual pengamanan' yang viral tersebut. Ia mengatakan pihaknya akan mengecek bagaimana pria yang mengaku bernama Ki Sabdo itu bisa melakukan ritual di gedung DPR/MPR.

"Ya tentu ini harus saya cek ya kenapa kok sampai ada di situ. Tapi yang jelas yang kita persiapkan adalah hal-hal yang memang satu, secara teknis mendukung persidangan, yang kedua administrasi, yang ketiga substansial. Jadi kalau hal-hal seperti ini kan sama aja dengan hal-hal yang memang semua kita juga ingin berdoa supaya lancar ya," ujar Ma'ruf.

"Jadi saya kira kalau ini saya baru tahu, tentu harus saya tanyakan kok bisa sampai ada di gedung. Tapi bukan sesuatu yang salah menurut kita ya, tetapi artinya kan perlu dicek juga," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2