detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 17:21 WIB

Siti Sudah Ikut Geladi Resik tapi Tak Boleh Ikut Wisuda, Kampus Minta Maaf

Wilda H Nufus - detikNews
Siti Sudah Ikut Geladi Resik tapi Tak Boleh Ikut Wisuda, Kampus Minta Maaf Siti yang batal diwisuda diberi ijazah. (wilda/detikcom)
Jakarta - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) IMC, Bintaro, Tangerang Selatan, tiba-tiba membatalkan wisuda Siti Nurkhairani secara mendadak. Padahal Siti telah mendapatkan undangan hingga toga. Tidak hanya itu, Siti juga sudah ikut geladi resik hingga membeli batik buat orang tuanya.

"Maaf sekali, kemarin kami tunda wisuda. Kalau mau tahun depan nggak apa-apa. Nggak masalah. Kami tidak mempersoalkan wisuda. Wisuda hanya prosesi, yang penting yudisium," ujar Wakil Ketua II bidang Nonakademik STIKES IMC Daelami dalam pertemuan di gedung STIKES IMC, Jalan Jombang, Tangerang Selatan, Jumat (18/10/2019).

Mendapat pertanyaan itu, suami Siti, Supriyadi, yang ikut mendampingi, tidak terima dan langsung menyela.

"Mungkin di pikiran bapak itu enteng, kami itu sudah dikabarkan jauh-jauh hari bahwa istri akan diwisuda. Dan sudah mendapatkan undangan dan toga. dan yang paling sakit hati, istri sudah melakukan geladi resik. Cukuplah istri saya dan saya yang mengalami," ujar Supriyadi.


Pertemuan itu dihadiri pihak Pemkot Tangsel, Wakil Ketua Bidang Akademik STIKES IMC Royani, Wakil Ketua II bidang Nonakademik STIKES IMC Daelami Ahmad, LBH Keadilan, dan dihadiri puluhan mahasiswa STIKES IMC. Usai dialog, pihak kampus akhirnya memberikan ijazah kepada Siti.

"Itu bukan sesuatu yang istimewa (diberi ijazah). Itu memang haknya. Karena memang itu haknya. Sejak awal saya bilang ini hak Siti Khairani dia sudah menyelesaikan perkuliahan sampai yudisium. Itu haknya. Jadi ini sesuatu hal yang biasa saja. Memang solusi kami meminta menyerahkan ijazah," ujar Ketua LBH Keadilan Abdul Hamim Jauzie usai acara dialog tersebut.

Siti merupakan mahasiswa angkatan 2016. Sejatinya ia diwisuda pada Sabtu (12/10). Siti sudah mendapatkan undangan, toga, dan ikut geladi resik. Tapi tiba-tiba pihak kampus membatalkan wisuda Siti pada Kamis (10/10).


Simak juga video "Kaesang Wisuda, Netizen Minta Giveaway Sang Pisang" :

[Gambas:Video 20detik]


(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com