detikNews
2019/10/18 17:11:51 WIB

5 Tahun Jokowi-JK, Tata Kelola Pemerintahan Jadi Sorotan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
5 Tahun Jokowi-JK, Tata Kelola Pemerintahan Jadi Sorotan Foto: Jokowi-JK bersama para menteri (Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta - Masa kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Jusuf Kalla akan berakhir. Masih ada catatan soal tata kelola pemerintahan yang jadi sorotan. Dari mulai koordinasi kelembagaan yang belum efektif hingga merosotnya daya saing.

Seperti diketahui, Jokowi-JK pernah mencanangkan sembilan agenda prioritas yang disebut Nawa Cita. Agenda itu berisi sejumlah target kerja soal tata kelola pemerintahan, penegakan hukum bebas korupsi, kemandirian ekonomi, hingga revolusi karakter bangsa. Terkait tata kelola pemerintahan, ada dalam poin nomor 2. Begini bunyinya:

2. Kami akan membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.


Namun, dalam pelaksanaannya, tata kelola pemerintahan di era pemerintahan Jokowi-JK dinilai masih belum efektif. Hal ini ditandai dengan koordinasi kementerian atau lembaga yang belum baik.

"Tetapi kita lihat kementerian dan lembaga ini, masalah koordinasinya. Ini belum efektif. Masih berjalan sendiri, belum terkoordinasi dengan baik. Seperti misalnya apa yang diperintahkan Pak Jokowi untuk tidak melakukan rotasi jabatan, tapi banyak beberapa di antaranya yang masih melaksanakan. Seperti misalnya Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian," kata Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah kepada wartawan, Jumat (18/10/2019).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com