detikNews
2019/10/18 16:59:41 WIB

Demo di Pettarani Bubar, Mahasiswa Makassar Siap Turun ke Jalan 20 Oktober

Hermawan Mappiwali - detikNews
Halaman 1 dari 2
Demo di Pettarani Bubar, Mahasiswa Makassar Siap Turun ke Jalan 20 Oktober Mahasiswa Makassar Siap Turun Lagi ke jalan 20 Oktober. (Hermawan/detikcom)
Makassar - Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berunjuk rasa di Jl AP Pettarani membubarkan diri dengan tertib. Namun mereka berniat kembali turun ke jalan di hari pelantikan presiden-wapres pada 20 Oktober mendatang apabila tuntutan mereka tidak diindahkan.

"Sebenarnya kami tidak ada niat untuk mengganggu pelantikan (presiden-wapres) selama pemerintah pusat itu menyelesaikan permasalahan-permasalahan di Indonesia," ucap Muhammad Aqsha, selaku Presiden BEM UNM, saat ditemui di sela unjuk rasa.

Mahasiswa UNM hari ini menuntut empat poin permasalahan yang dianggap penting untuk ditangani secara tuntas oleh pemerintah hingga oleh kepolisian.

"Pertama soal Undang-undang KPK. Kami berharap Jokowi menerbitkan Perppu (KPK). Kami menganggap bahwa UU KPK (hasil revisi) hadir untuk melemahkan kepentingan penyelidikan, kepentingan KPK, dan melanggengkan kepentingan dari koruptor untuk tetap hadir berkeliaran mengkorupsi uang negara," sebut Aqsha.


Selain itu, lanjut Aqsha, pihaknya menyoroti belum ada pihak yang muncul secara sungguh-sungguh untuk menyelesaikan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan. Otak pembakaran mesti diproses hukum.

"Belum lagi kasus hak asasi manusia dan kasus penangkapan aktivis-aktivis Wamena, Papua. Dan kami juga tidak melupakan tuntutan kami sebelumnya, yaitu menghapus RUU yang tidak pro dengan kepentingan rakyat," sambungnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com