detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 12:20 WIB

Pemerintah Diminta Siapkan Penanganan Lingkungan di Ibu Kota Baru

Matius Alfons - detikNews
Pemerintah Diminta Siapkan Penanganan Lingkungan di Ibu Kota Baru Foto: Rakhmad HP/detikcom/ILUSTRASI/ Hutan Bukit Bengkirai Penajam Paser Utara
Jakarta - Koalisi Golongan Hutan mencermati rencana pemindahan ibu kota ke Penajam Paser Utara, Kaltim, yang bakal berdampak terhadap lingkungan. Pemerintah dimintai melakukan penanganan atas dampak yang ditimbulkan.

"Pemindahan ibu kota di luar Jawa ya big change juga, itu bisa dimengerti pemindahan di luar Jawa. Tapi jelas itu akan berdampak pada tekanan pada lingkungan di lokasi ibu kota baru," kata Direktur Eksekutif Kemitraan, Monica Tanuhandaru kepada wartawan di kantor Walhi, Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2019).

Monica menjelaskan rencana pemindahan ibu kota baru itu akan berdampak pada degradasi dan deforestasi hutan mangrove. Selain itu, pemindahan ibu kota juga disebut rawan menyebabkan kebakaran hutan.





"Saya dengar jumlah suplai air tidak memadai, itu harus dijawab juga, lalu ancaman terhadap ekologis habitat. Kemudian degradasi, deforestasi hutan mangrove, juga resiko bencana misal kebakaran hutan dan lahan, belum pindah sudah kebakaran hutan dan lahan," sambung dia.

Monica memastikan lingkungan hidup pasti akan terdampak. Dampak lingkungan ini menurutnya masih bisa diminimalisir.

"Dampak lingkungan pasti terkena dampak, yang ada adalah gimana mnimalisir dampak tadi," kata dia.





Sementara itu, Direktur Strategis Yayasan Madani Berkelanjutan, Nadia Hadad berharap pemerintah menyiapkan skema penanganan menjaga hutan.

"Terkait ibu kota ini bukan setuju atau tidak, tapi banyak pertimbangan di situ. Kita harus lihat prioritas juga pemerintah ada di mana, salah satu prioritas yang penting itu dan kita belum lihat komitmen pemerintah adalah perlindungan dan menjaga hutan kita," ujar Nadia.




Tonton juga video Jokowi Resmikan Tol Langit, Ibu Kota Baru Terkendala Blank Spot:

[Gambas:Video 20detik]




(maa/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com