detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 12:03 WIB

Indonesia Jadi Anggota Dewan HAM PBB, JK: HAM di RI Harus Lebih Baik

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Indonesia Jadi Anggota Dewan HAM PBB, JK: HAM di RI Harus Lebih Baik Foto: Wapres JK di Sidang Umum PBB (Dok. Setwapres)
Jakarta - Indonesia terpilih menjadi anggota Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) periode 2020-2022 mewakili negara Asia-Pasifik. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap penegakan HAM di Indonesia lebih.

"Harapannya tentu kita akan berfungsi tetapi jangan lupa ada juga resikonya kita harus menjaga HAM dalam negeri lebih baik," kata JK di Kemlu, Gambir, Jakarra Pusat, Jumat (18/10/2019).

JK berharap tidak ada kasus HAM usai terpilihnya Indonesia tersebut. Dia menilai pemerintah Indonesia harus menjaga ketertiban di dalam negeri.




"Jangan kita anggota HAM kemudian ada HAM dalam negeri. Itu sulit, jadi resikonya itu ibu Menlu tidak hanya menjaga ketertiban dalam negeri," jelasnya.

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi mengatakan terpilihnya Indonesia merupakan kemenangan. Dia menilai hal itu adalah amanah bagi Indonesia untuk meningkatkan dan memperjuangkan HAM di tingkat nasional dan global.




"Alhamdulillah dari apa yang kita saksikan sidang majelis umum PBB menetapkan bahwa Indonesia terpilih sebagai anggota dewan HAM PBB periode 2020-2022 dengan perolehan suara tertinggi 174 dari kawasan Asia Pasifik," ujar Retno di usai nonton bareng pemungutan suara Dewan HAM PBB di Kementerian Luar Negeri, Jalan Taman Pejambon, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (17/10).

"Ini adalah amanah, ini insyaallah akan kita tunaikan," lanjutnya.




Tonton juga video Lepas Jabatan Wapres, JK Fokus Kejar Akhirat:

[Gambas:Video 20detik]




(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com