detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 11:15 WIB

Dear Mulan, Begini Seharusnya Respons Anggota DPR Saat Dikirimi Barang

Ibnu Hariyanto - detikNews
Dear Mulan, Begini Seharusnya Respons Anggota DPR Saat Dikirimi Barang Foto: Instagram/mulanjameela1
Jakarta - Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Mulan Jameela mengunggah foto kacamata merek Gucci di akun Instagram-nya. KPK bicara soal ketentuan pelaporan gratifikasi.

"Sebagai bagian dari Pencegahan Korupsi, KPK mengimbau agar para penyelenggara negara memperhatikan ketentuan tentang pelaporan gratifikasi," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (18/10/2019).

"Jika ada penerimaan-penerimaan dari pihak lain yang berhubungan dengan jabatan wajib dilaporkan ke KPK dalam waktu 30 hari kerja," imbuhnya.


Febri mengatakan penyelenggara negara wajib melaporkan segala bentuk pemberian ke KPK maksimal 30 hari. Menurut Febri, dengan pelaporan itu nantinya bisa membantu melindungi penyelenggara negara tersebut jika ada persoalan terkait penerimaan tersebut.

"Dalam waktu maksimal 30 hari kerja KPK akan menentukan status laporan tersebut, apakah menjadi milik negara atau milik penerima. Analisis ini akan melihat apakah ada hubungan jabatan atau tidak dan aturan-aturan etik yang melarangnya," sebutnya.

Selain itu, Febri mengingatkan kepada Mulan agar memahami posisi yang kini telah menjadi pejabat publik dengan pekerjaan sebelumnya. Sebab, menurutnya, penerimaan yang sebelumnya tidak masalah mungkin berbeda setelah menjadi pejabat publik.

"Jadi lebih baik berhati-hati dalam menerima sesuatu yang memiliki risiko etik hingga risiko pidana. Apalagi di Kode Etik DPR sudah diatur terkait larangan konflik kepentingan, dan pekerjaan lain di luar tugas kedewanan," tuturnya.


Sebelumnya diberitakan, Mulan mengunggah foto kacamata merek Gucci di akun Instagram-nya. KPK pun mengingatkan soal etika sebagai pejabat negara.

Dilihat detikcom dari akun @mulanjameela1, pukul 17.23 WIB, Kamis (17/10/2019), tampak ada foto tiga kacamata dengan kartu merek Gucci yang diunggah di akun Mulan.

"Bismillahirrahmanirrahim...Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya...," tulis Mulan mengiri postingannya itu.

Namun, dilihat detikcom pada pukul 07.12 WIB, Jumat (18/10/2019), kalimat dalam postingan kacamata Gucci itu berubah.

Mulan kemudian memberikan klarifikasi terkait postingan itu. Mulan Jameela menjelaskan, postingan dikirimi kacamata Gucci adalah paid promote yang diterima oleh admin. Dalam Instagram Storiesnya, Mulan berharap tak ada lagi kesalahpahaman setelah dia mengganti caption postingannya.

"Postingan di atas adalah paid promote yang diterima admin saya dan dia posting dengan caption tanpa di filter. Dan, kemarin sudah saya perbaiki caption-nya agar tidak terjadi kesalahpahaman," klarifikasi Mulan Jameela dilihat, Jumat (18/10).

"Jadi saya tidak menerima produknya sama sekali," tegasnya.




Tonton juga video Baru Dilantik, Anggota DPR Mulan Jameela Langsung Digugat:

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com