detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 10:38 WIB

KPK: Mulan Masa Depan Bisa Jadi Tokoh Besar

Ibnu Hariyanto - detikNews
KPK: Mulan Masa Depan Bisa Jadi Tokoh Besar Mulan Jameela (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengingatkan anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Mulan Jameela, sebagai pejabat untuk menolak ataupun melaporkan segala pemberian dari pihak lain ke KPK. Saut bicara soal tugas KPK dalam menjaga orang baik agar tetap baik.

"Jadi harus dipahami adalah tugas KPK juga untuk menjaga orang-orang baik agar tetap baik sampai akhir karir politiknya. Itulah yang KPK sebut Politik Cerdas berintegritas dalam SIPP (sistem integritas partai politik) yang dibuat oleh KPK," kata Saut kepada wartawan, Jumat (18/10/2019).


Ia mengatakan tidak bermaksud nyinyir kepada Mulan Jameela atas postingannya tersebut. Menurutnya, Mulan yang kini sudah menjadi wakil rakyat diharapkan bisa berperan dalam membangun bangsa.

"Di masa depan bisa saja Mulan yang sudah jadi tokoh politik wanita nantinya memberikan kontribusi besar dalam membangun Indonesia di masa depan," sebut Saut.

Sebelumnya diberitakan, Mulan mengunggah foto kacamata merek Gucci di akun Instagram-nya. KPK pun mengingatkan soal etika sebagai pejabat negara.

Dilihat detikcom dari akun @mulanjameela1, pukul 17.23 WIB, Kamis (17/10/2019), tampak ada foto tiga kacamata dengan kartu merek Gucci yang diunggah di akun Mulan.

"Bismillahirrahmanirrahim...Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya...," tulis Mulan mengiri posting-annya itu.


Namun, dilihat detikcom pada pukul 07.12 WIB, Jumat (18/10/2019), kalimat dalam posting-an kacamata Gucci itu berubah. Mulan sendiri belum merespons saat ditanya tentang posting-annya itu. Berikut ini bunyinya:

"Bismillahirrahmanirrahim... Wwooww @jakarta_eyewear kacamatanya bagus banget, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya...••#paidpromote," tulis Mulan.

KPK kemudian angkat bicara tentang posting-an kacamata bermerek oleh Mulan tersebut. KPK mengingatkan soal aturan bagi seorang pejabat untuk menolak ataupun melaporkan segala pemberian dari pihak lain kepada KPK.

"Potongan (rabat) atau diskon saja direkomendasikan untuk ditolak atau dilaporkan ketika Anda seorang penyelenggara negara, karena sulit dipahami bahwa pemberian itu tidak ada kaitan dengan posisi anda sebagai penyelenggara negara. Ya saran saya dilaporkan saja ke KPK," ucap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Selain itu, Partai Gerindra turut merespons terkait posting-an Mulan tersebut. Gerindra mengaku hingga saat ini belum bisa menghubungi Mulan untuk diklarifikasi mengenai posting-an itu.

Gerindra juga menyampaikan terima kasih kepada KPK yang mengingatkan soal etika kepada Mulan. Dia memastikan pihaknya akan segera mengkonfirmasi persoalan tersebut ke kadernya itu.

"Kami berterima kasih kepada KPK yang sudah mengingatkan soal etika. Agar tidak menjadi fitnah, kami akan mengkonfirmasi persoalan ini ke Bu Mulan," ujar Dewan Pembina Partai Gerindra Habiburokhman.
(tor/tor)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com