detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 09:44 WIB

2 Remaja Bekasi Alami Gangguan Jiwa Karena Kecanduan Game

Isal Mawardi - detikNews
2 Remaja Bekasi Alami Gangguan Jiwa Karena Kecanduan Game Ilustrasi gangguan jiwa/ Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Dua remaja di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengalami gangguan jiwa. Keduanya disebut mengalami gangguan jiwa karena kecanduan main gim (game).

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bekasi Muhammad Rojak, membenarkan bahwa ada 2 remaja di Kabupaten Bekasi yang mengalami gangguan jiwa karena kecanduan gim. Pihaknya berjanji akan melakukan pemulihan psikologis anak tersebut.

"Benar (kecanduan gim) itu di Yayasan Al-Fajar. Ini langkah yang mau kita dalami, KPAD dalam waktu minggu ini berkunjung, Insyaallah hari Sabtu saya ada kegiatan di Cikarang Barat, siangnya saya coba megunjungi kondisi anak itu di yayasan, di panti, seperti apa saya coba menelusuri identitas anak itu, asal usul keluarganya seperti apa, jadi kami coba konfirmasi dan temui keluarga yang bersangkutan dari anak itu," ujar Rojak, Jumat (18/10/2019).



Dia mengatakan ke depannya KPAD akan melakukan upaya pemulihan terhadap kondisi kejiwaan remaja tersebut. Nantinya, bisa saja dua orang tersebut bakal dirujuk ke rumah sakit jiwa.

"Kita sih ke depannya melakukan upaya pemulihan terhadap psikologis gangguan jiwa anak ini. Nanti kalau ditemukan masih bisa diajak interaksi, masih bisa diajak ngobrol, kita coba nanti solusi terbaik, kesehatannya, psikologisnya untuk nanti apakah kita rujuk ke rumah sakit, yang betul-betul rumah sakitnya ditangani masalah rumah sakit jiwa," tuturnya.



Semenara itu, Ketua Yayasan Al Fajar Berseri, Marsan Susanto, mengatakan dua anak itu sudah kecanduan gim sejak usia SD. Pihak keluarga disebut tak tahan hingga mengantarkan keduanya ke panti.

"Jadi waktu itu (sejak) anak usia SD, SMP dia sudah kecanduan, karena dia berlarut-larut (main gim), akhirnya nggak tahan dari pihak keluarga, terpaksa dibawa ke panti Al-Fajar. Jadi ada 3 (orang) yang satu sudah pulang dari Lampung, jadi tinggal 2 (orang)," ujar Marsan.

Dua orang ini berusia 17 tahun dan 18 tahun. Keduanya kecanduan bermain gim dari siang sampai malam.

"(Main gim) sampai malam, dari siang sampai malam di kamar terus nggak keluar-keluar. Ya menurut saya sih 7-8 jam waktunya habis disita buat itu, karena dia memang sudah nggak mau belajar tuh, sudah terhipnotis," ujar Marsan.



Kedua remaja itu disebut mengalami gangguan jiwa sekitar 1 tahun yang lalu. Marsan menduga keduanya kecanduan gim kekerasan. "Kayak smackdown," ujar Marsan.

Marsan mengatakan kondisi keduanya sudah membaik. Namun, keduanya masih terbatas dalam berkomunikasi.

"Komunikasi ya kurang nyambung," ujar Marsan.
(isa/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com