Kode-kode di 'Telepon Tergantung' Jokowi Soal Menteri

Round-Up

Kode-kode di 'Telepon Tergantung' Jokowi Soal Menteri

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Okt 2019 07:15 WIB
Foto: (Instagram Jokowi)
Foto: (Instagram Jokowi)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan kode-kode misterius terkait pengumuman susunan Kabinet Kerja II. Kode-kode itu terselip dalam sebuah unggahan foto gagang telepon tergantung berwarna hitam dan putih. Foto itu juga dilengkapi kalimat 'sabar! sebentar lagi...'. Lantas, apa maknanya?

Mulanya, melalui akun Instagram-nya, Jokowi mengunggah foto gagang telepon yang tergantung. Warna gagang telepon ini hitam dan putih. Warna putih ada di bagian gagang telinga yang biasa dipakai untuk mendengarkan suara. Di foto tersebut, juga dilengkapi kalimat 'sabar! sebentar lagi...'.


Tak lupa, disertakan pula penjelasan soal pengumuman susunan kabinetnya. Jokowi menyebut susunan itu akan segera diumumkan.

"Yang jelas, susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Saya akan umumkan segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama, atau setelahnya," kata Jokowi dalam tulisan yang diunggah pada Kamis (17/9/2019).

Jokowi juga mengatakan, calon-calon menterinya itu bisa berasal dari semua bidang. Menurutnya, tak sulit untuk menemukan mereka.

"Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka," lanjut Jokowi.


Kode-kode ini pun kemudian menimbulkan teka-teki. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai foto telepong tergantung itu artinya ialah soal komunikasi menteri yang belum tuntas.

"Telepon tergantung itu simbol-simbol modern. Kalau menurut hemat saya, bisa jadi artinya masih ada yang harus dikomunikasikan dengan partai-partai yang sedang berkoalisi, atau pun dengan partai oposisi. Jadi komunikasinya belum tuntas," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin saat dihubungi, Kamis (17/10/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4