detikNews
2019/10/17 21:35:19 WIB

Round-Up

Aksi Singkat Mahasiswa di Hari Perdana UU Baru KPK

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Aksi Singkat Mahasiswa di Hari Perdana UU Baru KPK Massa BEM SI di Patung Kuda. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Mahasiswa kembali bergerak di hari perdana UU baru KPK berlaku. Mahasiswa mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Perppu KPK.

Aksi mahasiswa kali ini terlihat berbeda dengan gelombang massa di DPR menolak UU KPK baru sebelum disahkan. Demonstrasi yang digelar di Patung Kuda, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, ini berlangsung hanya singkat.



Massa yang berencana berunjuk rasa pukul 13.00 WIB baru tiba di lokasi aksi pada pukul 14.47 WIB, Kamis (17/10/2019). Massa dari BEM SI ini memakai jas almamater dari berbagai kampus, di antaranya UPN, Yarsi, UNJ, hingga IPB. Total ada 20 kampus yang ikut dalam aksi.

Peserta aksi tampak membentangkan satu spanduk bertulisan 'Bergerak'. Massa juga membawa bendera kampus masing-masing.

Demo BEM SI Terkait Perppu KPKDemo BEM SI Terkait Perppu KPK. (Jefrie/detikcom)


Selain itu, beberapa mahasiswa tampak membawa poster berisikan tulisan satire terkait Perppu KPK. Salah satunya berbunyi 'Orang jahat adalah orang baik yang tidak mengeluarkan Perppu KPK -Joker'.



Ketua BEM UNJ yang merupakan koordinator aksi, Muhammad Abdul Basit (Abbas), mengatakan tuntutan mahasiswa adalah mendesak Jokowi mengeluarkan Perppu KPK.

"Khusus hari ini kita mendesak Pak Jokowi untuk segera mengeluarkan Perppu KPK dan mengembalikan pada Undang-Undang KPK sebelumnya," kata Abbas di lokasi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com