detikNews
2019/10/17 20:44:37 WIB

Siasati Sulitnya Lahan, Pemprov DKI Genjot Vertical Garden di 2020

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halaman 1 dari 1
Siasati Sulitnya Lahan, Pemprov DKI Genjot Vertical Garden di 2020 Ilustrasi ruang terbuka hijau (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggenjot ruang terbuka hijau (RTH) milik swasta. Mereka akan mencanangkan vertical garden untuk mengakali sulitnya lahan di Jakarta.

"Kemudian kita akan meningkatkan green garden, vertical garden, roof garden, nanti mulai 2020 kita akan buat itu. Jadi dalam masterplan kita sudah mempunyai 27 aksi," ucap Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (17/10/2019).


Keterlibatan swasta dalam pembangunan RTH telah diatur dalam Pergub 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah 2030. Dari target 30 persen RTH, swasta atau perseorangan harus memenuhi 10 persen RTH.

Dari data Dinas Kehutanan DKI Jakarta tahun 2015, Pemprov DKI Jakarta hanya memiliki luas RTH 9,97 persen. Sebesar 6,90 persen dimiliki publik dan 3,07 persen dimiliki swasta.

"Kemudian kita harus mendorong memang adanya keterlibatan dari peran swasta yang harus melakukan, mengadakan, menyediakan RTH sebanyak 10 persen," kata Suzi.


Suzi berharap gedung-gedung di jalan protokol bisa menyediakan vertical garden. Dia mencontohkan gedung BNI di kawasan Semanggi.

"Itu harus yang misalkan ada vertikal garden-nya, big garden-nya, dan lainnya, nah itu akan kita dorong agar swasta seperti itu yang kemudian kita kalau lihat salah satu perkantoran yang ramah lingkungan itu BNI itu sangat bagus banget penghijauannya, nah kita sudah lihatlah yang bagus-bagus," ucap Suzi.


Simak Video "Vertical Garden Untuk Lahan Yang Sempit"

[Gambas:Video 20detik]


(aik/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com