detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 18:43 WIB

Digroundbreaking JK, Ini Fasilitas Masjid Karya Brantas Abipraya

Angga Laraspati - detikNews
Digroundbreaking JK, Ini Fasilitas Masjid Karya Brantas Abipraya Foto: Brantas Abipraya
Jakarta - Wapres Jusuf Kalla baru saja melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) masjid karya Brantas Abipraya yang terletak di Gedung Pusat Muhammadiyah, Jl Menteng Raya, Jakarta Pusat. Masjid yang diberi nama At-Tanwir ini akan memiliki 6 lantai. Nantinya tiap lantai masjid akan mempunyai fungsi masing-masing.

Rencananya, lantai pertama dari masjid akan digunakan sebagai tempat wudu dan taman. Sementara lantai dua dan tiga sebagai tempat salat jemaah laki-laki.

Sedangkan untuk kaum hawa bisa menunaikan salat di lantai empat. Dua lantai paling atas akan digunakan untuk perpustakaan, ruang kajian, serta tempat pertemuan.



Direktur Utama PT Brantas Abipraya (Persero) Bambang E. Marsono mengungkapkan bangunan masjid tersebut walaupun kecil, tapi merupakan bangunan kelas satu. Pihaknya pun berkomitmen untuk membangun dengan sebaik-baiknya, dengan kualitas terbaik.

Adapun tingkat keawetannya, menurut Bambang, harus dapat bertahan lama sehingga dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat yang akan menggunakan masjid ini untuk beribadah.

"Mudah-mudahan, pembangunan masjid ini membawa barokah untuk Brantas Abipraya ke depan," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Kamis (17/10/2019).

Bambang juga mengungkapkan rasa syukurnya karena Brantas Abipraya dipercaya sebagai kontraktor Masjid At-Tanwir.

"Alhamdulillah, hari ini Brantas Abipraya dipercaya oleh Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah untuk membangun Masjid At-Tanwir di kantor pusat PP Muhammadiyah ini," ujarnya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya mengharapkan nantinya masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah saja.

"Bukan hanya tempat sujud, tapi bagaimana kita memakmurkan masjid, dan masjid memakmurkan masyarakatnya," kata JK.



"Ini multifungsi, tentu kita harapkan merupakan hal yang baik. Sesuai dengan fungsi masjid seperti pada zaman Rasul, sebagai tempat perundingan dan tempat pendidikan," lanjut JK.

Menutup sambutannya, JK mengucapkan selamat atas pembangunan Masjid At-Tanwir. Ia pun berharap masjid tersebut bisa berfungsi dengan baik. PT Brantas Abipraya (Persero) ditugaskan sebagai kontraktor pembangunan masjid enam lantai tersebut.

Sebagai informasi, masjid ini dibangun menggunakan teknologi ramah lingkungan. Masjid seluas kurang lebih 2.600 meter persegi itu akan mendaur ulang air wudhu untuk menyiram tanaman dan sanitasi.


Simak Video "Lepas Jabatan Wapres, JK Fokus Kejar Akhirat"

[Gambas:Video 20detik]


(ujm/prf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com