Cerita 20 Tahun di Pemerintahan, JK: Paling Sulit Mendamaikan Konflik

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 17:26 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menceritakan pengalamannya menjadi pejabat negara selama 20 tahun. JK menuturkan banyak ceritanya kepada siswa SMP Islam Athirah yang melakukan kunjungan ke Kantor Wakil Presiden.

SMP Islam Athirah sendiri merupakan sekolah yang dibangun oleh JK untuk menghormati ibunya. Kepada para siswa yang hadir, JK mengaku semua jabatan yang ia emban dapat dijalankan dengan baik.

"Alhamdulillah semua berjalan saya 20 tahun. Di pemerintahan dari Menteri Menko Kesra, Wapres dua kali, semuanya alhamdulillah," tutur JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).


JK juga memberi motivasi kepada para siswa untuk maju menjadi pemimpin tak harus dari daerah tertentu. Dengan ulet belajar dan kerja keras, menurut JK, kesuksesan bisa diraih siapa saja.

"Kenapa saya bisa dari Makassar tapi menduduki posisi berkali-kali di pemerintah pusat? Yang pertama, saya belajar dengan baik, mulai dari SD di Bone, SMP di Makassar. Kemudian terus di Makassar sampai tamat universitas. Jadi orang Makassar pun sekolah di Makassar pun bisa menjadi pemimpin bangsa, bukan hanya orang sekolah tinggi di luar negeri atau di Jawa," sebut JK.

Meski demikian, JK mengaku ada tantangan sendiri saat berada di pemerintahan. Dia mengatakan hal yang paling sulit ialah mendamaikan konflik.

Selanjutnya
Halaman
1 2