Apa Arti Tanda Seru di Kata 'Sabar' Dalam Postingan Jokowi soal Menteri?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 16:34 WIB
Posting-an Jokowi, 'Sabar! Sebentar Lagi...' (Instagram/@jokowi)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kode soal pengumuman para menteri lewat unggahan foto gagang telepon tergantung. Foto itu juga lengkap dengan kalimat 'sabar! sebentar lagi...'. Apa arti tanda seru usai kata sabar?

Pakar bahasa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Hilmi Akmal, menjelaskan, tanda seru digunakan untuk menggambarkan kesungguhan, ketidakpercayaan atau emosi yang kuat. Hal ini pun sudah diatur dalam PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).


Hilmi mengatakan tanda seru yang digunakan dalam kalimat tersebut untuk menggambarkan emosi yang kuat. Emosi itu disampaikan kepada lawan tuturnya, dalam hal ini rakyat Indonesia.

"Terkait dengan gambar posting-an Pak Jokowi di media sosial beliau terkait 'bocoran' nama-nama menteri di kabinet periode 2019-2024 yang berupa gambar gagang telepon menggantung ke bawah dan ada tulisan 'sabar! Sebentar lagi...' bisa dimaknai, bahwa Pak Jokowi sedang bertutur kepada lawan tuturnya, dalam hal ini rakyat Indonesia, dengan memakai kalimat perintah yang ditandai dengan adanya tanda seru (!) Di akhir kata sabar. Itu menunjukkan adanya emosi yang kuat dari beliau," kata Hilmi saat dihubungi, Kamis (17/10/2019).

Dia juga menyoroti tanda baca 'titik tiga' atau elipsis di akhir kalimat tersebut. Menurutnya, tanda elipsis menandakan kalimat yang belum selesai.

"Lantas untuk tanda elipsis di akhir kalimat sebentar lagi... menandakan bahwa kalimat itu belum selesai. Kalimat itu masih menggantung. Bisa saja kalimat lengkapnya adalah sebentar lagi diumumkan," ujarnya.


Dari dua tanda baca tersebut, dia menyimpulkan bahwa Jokowi menyampaikan kalimat perintah dengan emosi yang kuat. "Bisa disimpulkan beliau meminta dengan kalimat perintah yang dipenuhi emosi yang kuat dan yang ditegaskan oleh penggunaan tanda seru (!) agar rakyat Indonesia bersabar menanti pengumuman nama-nama menteri beliau," lanjutnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2