Simak! Ini Rangkaian Acara Pelantikan Jokowi-Ma'ruf 20 Oktober

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 12:17 WIB
Foto: Foto resmi Jokowi-Ma'ruf sebagai presiden dan wakil presiden (Dok. Setneg)
Jakarta - Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 mendatang. Begini rangkaian acara pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

Pelantikan akan digelar dalam sidang paripurna MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). Sesuai keputusan MPR, pelantikan akan dimulai siang hari pukul 14.30 WIB.

Dilihat dari rundown sidang paripurna MPR, Kamis (17/10/2019), durasi pelantikan hanya sekitar 80 menit. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Setelah itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo akan memimpin momen mengheningkan cipta. Lalu Bamsoet membuka sidang paripurna MPR.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan KPU oleh Pimpinan MPR. Kemudian pengambilan sumpah presiden dan wakil presiden. Usai pengambilan sumpah, acara berikutnya adalah penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Momen berikutnya adalah pertukaran tempat duduk wakil presiden, dari Jusuf Kalla ke Ma'ruf Amin. Setelahnya, Presiden Jokowi akan membacakan pidato sebagai presiden periode 2019-2024.

Usai pembacaan pidato Jokowi, pimpinan MPR melanjutkan sidang paripurna lalu diakhiri dengan pembacaan doa sebelum sidang paripurna ditutup. Pelantikan Jokowi-Ma'ruf ditutup dengan kembali menyanyikan lagu Indonesia Raya.


Pelantikan Jokowi-Ma'ruf nanti akan dihadiri sejumlah kepala negara atau kepala pemerintahan sahabat. Selain itu, tokoh-tokoh negara dan presiden-presiden sebelum Jokowi juga diundang hadir.

Setelah acara sidang paripurna selesai, nantinya akan ada sesi pemberian selamat kepada presiden dan wapres yang baru. Mulai dari para mantan presiden dan mantan wapres hingga tamu kehormatan negara sahabat. Kemudian juga ada sesi foto-foto.
Selanjutnya
Halaman
1 2