detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 11:18 WIB

Wapres JK Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid di PP Muhammadiyah

Dwi Andayani - detikNews
Wapres JK Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid di PP Muhammadiyah JK menghadiri peletakan batu pertama masjid di PP Muhammadiyah. (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri acara pembangunan Masjid At-Tanwir PP Muhammadiyah. JK berharap pembangunan masjid ini dapat bermanfaat.

Pembangunan masjid berada di gedung Pusat Muhammadiyah, Jl Menteng Raya, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019). Selain JK, hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy selaku Ketua Panitia Pembangunan Masjid.

Selain itu, tampak Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menag Lukman Hakim Saifuddin, Menhan Ryamizard Ryacudu mewakili menteri kabinet kerja Joko Widodo (Jokowi), Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin hingga ketua KPU Arief Budiman.


Dalam pidatonya, JK menyebut saat ini di Indonesia terdapat lebih dari 800 ribu masjid. Dia juga mengatakan 80 persen masyarakat di masjid untuk mendengarkan, baik itu ceramah pendidikan hingga pengumuman.

"Perlu saya sampaikan bahwa Indonesia ini ada 800 ribu lebih masjid, belum lagi mesjid yang kecil," kata JK.

Wapres JK Letakan Batu Pertama Pembangunan Masjid di PP MuhammadiyahJK menghadiri peletakan batu pertama masjid di PP Muhammadiyah. (Dwi Andayani/detikcom)

"Selama kita di masjid rata-rata 80 persen waktu mendengarkan, sisanya apakah salat atau berdoa, berzikir... 80 persen mendengarkan khotbah, ceramah pendidikan, atau pengumuman," sambungnya.

JK mengucapkan selamat atas pembangunan Masjid At-Tanwir PP Muhammadiyah. Dia juga mengingatkan agar masjid tersebut dapat dibangun dan difungsikan dengan baik.


"Selamat, mudah-mudahan berjalan dengan baik, dan itu yang paling pokok sound system-nya jangan dipasang sembarangan, harus jernih. Supaya tidak mendengung dan tidak hilang fungsi 80 persen itu. Aspek masjid yang baik dan memenuhi semua aspek yang baik, saya ucapkan selamat," tuturnya.

Peletakan batu pertama ini disimbolkan dengan penekanan tombol yang telah disediakan. JK memencet tombol bersama dengan Muhadjir dan Haedar.

Disebutkan, masjid ini nantinya akan dibangun 6 lantai, di mana akan ada fasilitas untuk tempat wudu ramah lingkungan, ruang sidang PP Muhammadiyah, perpustakaan, dan tempat pertemuan.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan Muhammadiyah akan konsisten mencerdaskan dan memajukan bangsa lewat pendidikan, kesehatan, sosial dan spiritualisasi masjid-masjid. Yakni masjid yang mendorong spiritualisme, persatuan, perdamaian dan perekat bangsa.

Haedar mengatakan saat ini perlu ada pembangunan kekuatan karakter untuk masyarakat. Sebab akan semakin banyak tantangan yang dihadapi Indonesia.

"Karena 5-10 tahun ke depan kan Indonesia akan semakin banyak tantangan, dan itu perlu juga membangun karakter. Agar manusia ini juga maju karena kekuatan karakternya," tuturnya.

Haedar menyebut pihaknya akan mempelopori masjid multifungsi dengan membangun masjid 6 lantai itu. Selain itu, disebutkan, Muhammadiyah ingin mengawal agama yang mencerahkan hati dan nurani.

"Muhammadiyah akan mempelopori masjid yang multifungsi untuk kepentingan semua, dan tentu karena ini di pusat kota ini masjid-masjid kota yang tidak bisa berkembang ke samping tapi ke atas," kata Haedar.

"Dengan semangat keberagamaan yang tinggi Muhammadiyah ingin mengawal agama yang harus mencerahkan hati nurani, pikiran tindakan dan ini masih terus-menerus menerus," tuturnya.


Simak video Ke Mana JK Setelah Tak Lagi Menjabat Sebagai Wapres RI?:

[Gambas:Video 20detik]




(dwia/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com