Bocoran Terpanas Menteri Gerindra di Kabinet Jokowi

Bocoran Terpanas Menteri Gerindra di Kabinet Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 07:01 WIB
Foto Presiden Jokowi: (Andhika Prasetia/detikcom).
Foto Presiden Jokowi: (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Prabowo Subianto telah menyerahkan konsep kepada Presiden Joko Widodo. Hal ini dibaca banyak pihak sebagai sinyal kuat Gerindra masuk kabinet Jokowi, tapi siapa calon menterinya?

Secara tertutup Ketum Gerindra Prabowo Subianto telah menyatakan tiga sikap politiknya jelang pelantikan Presiden Jokowi pada 20 Oktober 2019 mendatang. Sikap itu juga memberi sinyal posisi kementerian yang dikehendaki Gerindra.

"Sikap politik pertama, Pak Prabowo sudah menyerahkan konsepsi terkait dorongan besar ekonomi Indonesia dengan semangat ketahanan pangan-energi, pertahanan dan keamanan yang kuat," kata juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, di sela rapimnas di kompleks Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019).



Sikap politik kedua, Prabowo mempersilakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan konsep tersebut untuk lima tahun ke depan. Namun, bila tidak digunakan, kata Dahnil, Prabowo tetap akan bekerja sama untuk kepentingan NKRI.

Sedangkan sikap politik ketiga, Prabowo memutuskan terus menjaga kerukunan berbangsa dan bernegara. Caranya dengan terus memelihara silaturahmi dan komunikasi dengan semua pihak.

Dari sikap politik pertama terlihat Gerindra seperti memantapkan posisi untuk kementerian di sektor pangan, energi, pertahanan dan keamanan. Bocoran dari Istana, memang isu santer Gerindra bakal dapat menteri di sektor ketahanan pangan.


Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin berbicara soal peluang Wakil Ketua Umum Edhy Prabowo menjadi Menteri Pertanian. Menurutnya, rumor yang beredar memang demikian.


"Rumor yang beredar kan diusulkan begitu. Mudah-mudahan iya," kata Ngabalin.


Gerindra sendiri juga sudah menyatakan siap jika kursi Mentan yang diberikan Jokowi. "Ya kalau diterima ya mungkin pos itu (Menteri Pertanian) yang diberikan. Kan kami juga nggak bisa juga, kan ini hak prerogatif Presiden, kami juga kan nggak bisa kemudian minta-minta 'pak, harus Gerindra, itu harus Gerindra' kan nggak bisa. Itu kalau kita konsepnya diterima," kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10).



Lantas adakah kursi menteri lain untuk Gerindra? Ngabalin sendiri berharap Prabowo masuk kabinet sebagai Menteri Pertahanan. "Kalaulah nanti benar seperti yang ditulis banyak orang dan yang kita dengar terkait kemungkinan beliau menjadi Menteri Pertahanan atau lain-lain, saya alhamdulillahirabbilalamin. Karena pasti sudah punya latar belakang militer yang luar biasa, kita tahu itu akan memberikan kontribusi terhadap kerja sistem pertahanan negara," kata Ngabalin.




Sementara ada rumor lain yang mengisyaratkan Waketum Gerindra Fadli Zon yang selama ini kerap mengkritik Jokowi juga masuk kabinet. Namun rumor ini masih sebatas kabar burung yang menunggu waktu dan tempat terbaik untuk 'hinggap'. (van/zap)