detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 01:50 WIB

Penajam Paser Utara Kondusif, TNI-Polri Patroli

Danu Damarjati - detikNews
Penajam Paser Utara Kondusif, TNI-Polri Patroli Foto ilustrasi Pelabuhan Penajam Paser Utara (M Abdurrosyid/detikcom)
Jakarta - Pihak TNI dan Polisi sama-sama menyatakan kondisi Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, sudah aman setelah sempat rusuh. Patroli aparat TNI dan Polri juga dilakukan untuk menjaga keamanan.

"Kondisi sudah kondusif di lokasi kejadian pasca-kejadian," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) VI/Mulawarman, Kolonel Kav Dino Martino, kepada wartawan, Kamis (17/10/2019).



Dia menyatakan kerusuhan dipastikan berakhir pada pukul 21.00 WIB. Aparat kemudian melakukan patroli supaya tak ada aksi massa yang berakibat kerusakan. Kerusuhan itu dilokalisasi hingga hanya berada di kawasan sekitar Pelabuhan Penajam Paser Utara.

"Personel TNI-Polri telah mengamankan lokasi kejadian, patroli mencegah massa untuk membuat kerusakan dan menyekat massa dari luar yang akan masuk ke tempat kejadian," kata Dino.



Personel TNI telah mengerahkan 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) untuk membantu Polda Kalimantan Timur mengatasi konflik. "Untuk satuan kewilayahan Kodim dan Polres sekitar daerah kejadian aktif melaksanakan pengamanan untuk mencegah konflik menyebar ke wilayah lain di sekitarnya," kata Dino.

Kini Pangdam VI/ Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Priyo Widyanto bermalam di lokasi.




Dijelaskan polisi, awal mulanya peristiwa ini terkait dengan kasus penganiayaan. Ada peristiwa penganiayaan pada pekan lalu yang menyebabkan 2 orang korban. Polisi sudah memproses hukum pelaku penganiayaan dan menetapkan 3 orang tersangka, tetapi kelompok dari sisi korban mencari-cari pelaku penganiayaan itu di pelabuhan hingga terbit kericuhan itu.
(dnu/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com