detikNews
Rabu 16 Oktober 2019, 11:37 WIB

Ini Cara Buat Karya Kriya Tesktil Gunakan Kain Rayon

Angga Laraspati - detikNews
Ini Cara Buat Karya Kriya Tesktil Gunakan Kain Rayon Foto: dok detikcom
Jakarta - Membuat karya kriya tekstil ternyata bisa menggunakan kain rayon, dan hasilnya pun dapat bagus. Cara pembuatannya sebenernya mudah dan bisa kamu tiru di rumah, kali ini detikcom pun mendapatkan kesempatan untuk mencoba membuat sebuah karya kriya tekstil menggunakan kain rayon.

Pertama-tama saya diberikan sebuah kain rayon, kain, karet, perwarna pakaian, dan juga dua buah wadah untuk menaruh perwarna makanan. Setelah itu dalam langkah awal saya musti melipat kain rayon itu menjadi dua bagian.

Nah, sebelum membuat pola, saya mengikat kain tersebut dengan karet yang sudah tersedia sekencang-kencangnya agar kain tersebut bisa di buat pola.


Karetkan ujung kain yang atas dengan bagian bawah. Pada kesempatan itu saya ingin membuat sebuah pola melingkar, jadi saya musti 'mencubit' bagian tengah kain dan dikaretkan kembali pada tengah kain tersebut.

Setelah pola yang saya inginkan selesai, saya celupkan kain yang sudah berpola itu ke wadah yang berisikan warna tekstil yang dipilih. Wadah pertama sebagai warna dasar dan wadah kedua sebagai warna kedua, lalu direndam.

Ini Cara Buat Karya Kriya Tesktil Gunakan Kain RayonFoto: Angga Laraspati/detikcom

Setelah selesai, dikeringkan selama kurang lebih 5-10 menit, dan setelah itu karet yang mengikat di kain tersebut harus dilepaskan sebelum dikeringkan lagi sampai benar-benar kering.


Salah satu partisipan, Donny mengatakan bahwa dirinya mempunyai kesulitan dalam membuat pola.

"Paling susah itu pas ngebuat polanya, karena gak bisa sembarangan. Tapi kalau bentuknya abstrak itu bisa lebih gampang," ujar Donny.

Itulah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan karya kriya tekstil.detikcom pun merasakan pengalaman yang baru dalam berkarya. Acara ini diselenggarakan oleh PT XL Axiata Tbk untuk memberikan pengalaman baru, sehingga dari yang tadinya tidak bisa, #jadibisa.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com