detikNews
Rabu 16 Oktober 2019, 11:09 WIB

Wali Kota Medan Kena OTT KPK, Harapan Mendagri Sia-sia

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Wali Kota Medan Kena OTT KPK, Harapan Mendagri Sia-sia Mendagri Tjahjo Kumolo (Rolando/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan tanggapan terkait OTT Wali Kota Medan Dzulmi Eldin oleh KPK. Tjahjo mengatakan baru saja kemarin OTT kepala daerah, Bupati Indramayu Supendi dan dia meminta itu untuk terakhir kalinya.

Awalnya, Tjahjo menyampaikan kemarin Kemendagri mengadakan acara untuk para sekretaris daerah (sekda) se-Indonesia dan pejabat pemerintahan daerah. Acara tersebut mengundang pimpinan KPK membahas area rawan korupsi.

"Saya kemarin mengundang seluruh sekda provinsi, seluruh sekda kabupaten/kota Indonesia, dan kepala bappeda, BPKP, inspektorat, dan biro hukum. Pembicara utama Ketua KPK menyangkut area rawan korupsi dan strategi nasional pencegahan korupsi dan hal-hal yang berkaitan dengan sistem informasi terpadu yang berkaitan dengan keuangan daerah," kata Tjahjo dalam sambutannya di Rakornas Strategi Membumikam Pancasila di Merlynn Hotel, Jalan KH Hasyim Ashari, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2019).


Dalam acara dengan Ketua KPK itu, Tjahjo berharap OTT KPK terhadap Bupati Indramayu adalah yang terakhir. Namun, ternyata pagi ini sudah ada lagi OTT kepala daerah.

"Kemarin juga saya kami sampaikan kepada Ketua KPK, mudah-mudahan OTT KPK kepala daerah Kabupaten Indramayu yang terakhir," ujarnya.

"Tapi tetap kita gunakan asas praduga tidak bersalah, dan ini yang paling akhir," ucapnya.


Menurut Tjahjo, selama dia menjadi Mendagri, sudah ada ratusan kepala daerah yang ditangkap KPK. Belum lagi perangkat daerah lainnya dan anggota DPRD.

"Karena selama 5 tahun saya sebagai Mendagri sudah ada hampir 119 kepala daerah (ditangkap KPK), belum teman-teman kita kepala dinas, belum teman-teman kita anggota DPRD, baik provinsi maupun kabupaten/kota," imbuhnya.

Sebelumnya, KPK melakukan OTT di Medan. Pejabat yang kena OTT adalah Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.

"Kepala daerah dibawa pagi ini ke Jakarta," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Rabu (16/10).




Tonton juga video Sehari Jelang UU Baru Berlaku, KPK Sudah Kantongi 20 OTT di 2019:


(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com