detikNews
2019/10/16 04:49:43 WIB

8 Pintu Rezeki dari Allah SWT dan Doa yang Bisa Diamalkan

Lusiana Mustinda - detikNews
Halaman 1 dari 3
8 Pintu Rezeki dari Allah SWT dan Doa yang Bisa Diamalkan Pintu rezeki dan doa yang bisa diamalkan ( Ilustrasi Denny Putra/detikcom)
Jakarta -

Pintu rezeki bisa datang dari mana saja. Bukan hanya berupa uang, memiliki anak yang sholeh dan sholeha juga adalah rezeki. Setidaknya ada 8 pintu rezeki dari Allah yang kita harapkan keberkahannya. Apa saja?

Beberapa doa pembuka pintu rezeki bisa kita panjatkan setiap hari, terutama di waktu-waktu mustajab untuk berdoa. Salah satu waktu yang mustajab adalah ketika sholat tahajud, dhuha juga sholat hajat.

Setidaknya ada 8 pintu rezeki seperti yang dijelaskan dalam Al Quran. Apa saja 8 pintu rezeki itu?

1. Rezeki yang dijamin Allah SWT

Allah SWT sudah menjamin rezeki setiap makhluknya. Seperti dijelaskan dalam Surat Huud ayat 6 yang artinya,"Dan tidak ada satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya telah dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semuanya (tertulis) dalam kitab nyata (Lauh Mahfuz)."

2. Rezeki karena bekerja

Pintu rezeki bisa diperoleh dari bekera atau berusaha. Surat An-Najm ayat 39 menyebutkan,"Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang terlah diusahakannya."

3. Rezeki karena bersyukur

Allah SWT menjanjikan akan menambah nikmat kepada setiap manusia yang senantiasa bersyukur. Seperti firman Allah SWT dalam surat Ibrahim ayat 7, "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat."



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com