detikNews
Selasa 15 Oktober 2019, 17:40 WIB

Ditlantas Polda Sulsel Mulai Terapkan Pembuatan Smart SIM

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Ditlantas Polda Sulsel Mulai Terapkan Pembuatan Smart SIM Ditlantas Polda Sulsel. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai menerapkan pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) dengan beberapa fitur tambahan, atau yang biasa disebut Smart SIM. Kepala Subdit Regident Ditlantas Polda Sulsel Kompol Muhammad Yusuf, mengatakan pembuatan Smart SIM mulai dilayani di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM di beberapa kota dan kabupaten di Sulsel.

"Pekan ini mulai kita layani pembuatan Smart SIM, di Makassar, Maros, dan daerah lainnya. Tidak ada kenaikan biaya pembuatan Smart SIM. Sementara ini material SIM yang lama masih ada, setelah material SIM habis semua pengurusan SIM yang baru menggunakan Smart SIM," ujar Yusuf, dalam keterangannya, Selasa (15/10/2019).



Mantan Kasat Lantas Polrestabes Makassar ini menambahkan, Smart SIM memiliki beberapa kelebihan dari fitur-fiturnya, seperti bisa menjadi uang elektronik, dan dapat merekam bobot pelanggaran-pelanggaran lalu lintas. Smart SIM ini terkoneksi dengan data tilang elektronik dan data KTP elektronik.

Jika pengemudi melakukan pelanggaran lalu lintas ringan (administrasi), akan tercatat bobot 1 poin, kemudian pelanggaran sedang dapat bobot 3 poin, dan pelanggaran berat yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas mendapat bobot 5 poin.

"Pemilik Smart SIM yang pelanggarannya melebihi bobot poin 12, maka SIM-nya akan dicabut sementara atau akan diuji ulang pembuatan SIM-nya," tutur Yusuf.



Yusuf menambahkan, fitur lain dari Smart SIM, yakni sebagai uang elektronik masih dalam proses yang akan bekerja sama dengan sejumlah bank pemerintah, seperti Bank Mandiri, BRI, dan BNI.

"Diperkirakan akan efektif dalam jangka 6 bulan ke depan, Smart SIM sudah bisa digunakan membayar pas masuk jalan Tol dan bisa juga dipakai belanja," pungkas Yusuf.
(mna/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com