detikNews
2019/10/15 11:41:00 WIB

Mendagri Luncurkan SIPD, Ketua KPK Lempar Pujian ke Jokowi

Rachel Narda Chaterine - detikNews
Halaman 1 dari 2
Mendagri Luncurkan SIPD, Ketua KPK Lempar Pujian ke Jokowi Ketua KPK dalam sosialisasi soal SIPD (Foto: Rachel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta - Sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD resmi diluncurkan. Sistem ini disebut-sebut sebagai realisasi janji kampanye Presiden Jokowi.

"Ini kan janji kampanye Pak Jokowi yang oleh Kemendagri kita jabarkan supaya daerah paham kalau e-planning, e-budgeting itu sangat sangat penting," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam kegiatan tersebut yang diselenggarakan di Grand Paragon Hotel, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

Sistem tersebut disebut Tjahjo dalam rangka membangun tata kelola pemerintah terutama di daerah menjadi lebih baik. Di sisi lain, Tjahjo prihatin lantaran Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sudah diterapkan di daerah tetapi masih ada yang 'bermain mata' mencari celah untuk korupsi.




"PTSP semua sudah ada tapi kok masih ada saja pertemuan empat mata. Harusnya kan nggak boleh," kata Tjahjo.

Dalam kegiatan itu Tjahjo mengundang para pejabat daerah setingkat sekretaris daerah hingga inspektoratnya. Sistem itu diharapkan Tjahjo dapat menjadi instrumen pencegahan korupsi yang efektif dan efisien.

"Saya kira mengundang (para pejabat daerah) semua ini mengingatkan kembali. Ini kan mulai memasuki tahun anggaran 2020 supaya bisa lebih maksimal," imbuh Tjahjo.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com