detikNews
Selasa 15 Oktober 2019, 08:20 WIB

Bara Hasibuan: PAN Terbuka Gabung Pemerintah Jokowi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Bara Hasibuan: PAN Terbuka Gabung Pemerintah Jokowi Waketum PAN Bara Hasibuan (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan menyatakan kemungkinan partainya masuk dalam pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbuka. Hal tersebut menanggapi pertemuan sang ketua umum, Zulkifli Hasan, dengan Jokowi di Istana.

"Terbuka kemungkinan PAN masuk ke pemerintahan. Setelah pertemuan antara Presiden Jokowi dan Ketua Umum Zulkifli Hasan memang terbuka kemungkinan PAN masuk ke pemerintahan. Sebelum pertemuan tersebut, Ketum juga sudah menegaskan bahwa PAN mendukung pemerinthan Jokowi unconditionally (tanpa syarat). Setelah pertemuan kemarin kemungkinan itu makin besar," kata Bara kepada wartawan, Selasa (15/10/2019).


Menurut Bara, pemerintah memerlukan basis dukungan yang kuat untuk menghadapi tantangan ke depan. Bara mengaku siap jika PAN menjadi bagian pemerintah, namun ia menyerahkan keputusan itu kepada Jokowi.

"Kami sadar bahwa untuk menghadapi berbagai tantangan yang Indonesia hadapi ke depan pemerintah memerlukan basis dan dukungan politik yang kuat. Dan kalau Presiden Jokowi merasa perlu untuk membangun pemerintahan yang inklusif untuk menjawab tantantngan tersebut, kami siap untuk menjadi bagian," ujar Bara.

"Soal apakah PAN akan dapat posisi di pemerintahan, kami serahkan sepenuhnya kepada President karena sistem politik kita memang memberikan prerogratif kepada Presiden untuk menyusun kabinet," imbuhnya.


Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu dengan Presiden JOkowi di Istana Merdeka, Senin (14/10) kemarin. Jokowi sendiri mengakui membahas koalisi dalam pertemuannya dengan Zulkifli Hasan, namun pembahasan belum final.

"Ya ada, tapi belum sampai final, belum rampung," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (14/10).




Tonton video Ada Pembahasan Koalisi di Balik Pertemuan Jokowi-Zulhas:

[Gambas:Video 20detik]




(azr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com